Medan Jadi Pasar Potensial Avanza dan Veloz

Medan menjadi kota ke lima yang memiliki pasar potensial seperti kota-kota besar yang lainnya.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 12 Agustus 2019  |  13:46 WIB
Medan Jadi Pasar Potensial Avanza dan Veloz
Deputy General Manager Marketing Planning PT Toyota-Astra Motor Andri Widiyanto menyampaikan sambutan sebelum melepas konvoi pengendara Avanza Veloz "Semakin Bangga Sama-Sama" di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (10/8/2019). - Antara/Irsan Mulyadi

Bisnis.com, MEDAN — Multi Purpose Vehicle atau MPV dengan konsep tujuh penumpang kian diminati. Buktinya, sejak diperkenalkan selama 16 tahun, Toyota Avanza Veloz sudah terjual hingga 1,75 juta unit.

Deputy of Division Head Marketing Planning Division PT Toyota Astra Motor Andri Widiyanto mengatakan, Medan menjadi kota ke lima yang memiliki pasar potensial seperti kota-kota besar yang lainnya, pangsa pasar yang dimiliki Medan lebih mencapai 30% dalam penjualan Avanza Veloz.

"Penjualannya sendiri, pada semester 2019 sudah terjual 2.000 unit di Indonesia. Artinya, per bulan ada 165 unit. Di Medan, pasar ada, penerimaan dan potensinya bagus," kata Andri di Medan, Sabtu (10/8/2019).

Andri mengatakan pertumbuhan pasar dibandingkan tahun sebelumnya mengalami penurunan 13%. Menurutnya, penurunan tersebut juga terjadi di semua wilayah. Namun hal ini merata di semua wilayah. Menurutnya, ada beberapa faktor penyebabnya, yakni bisa dari sosial politik, ekonomi, pergerakan mobil baru dan lainnya.

"Tapi kita tidak bisa menuduh satu faktor tertentu, tetapi ini sangat memengaruhi satu sama lain," jelasnya.

Selanjutnya, mengenai kompetisi kendaraan dari merek lain, Toyota menilai sebagai hal positif di mana masyarakat menjadi memiliki banyak pilihan. Bagi Toyota sendiri, persaingan ini menjadi pendorong untuk tampil lebih baik ke depannya.

Atas kesuksesan penjualan, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga menggelar festival akbar bertajuk ‘Avanza-Veloz Sebangsa’ yang dihelat di 11 kota besar di Indonesia, dimana pertama kalinya dibuka pada 10-11 Agustus di Medan, Sumatra Utara. Adapun festival tersebut akan berakhir di Jakarta pada 23-24 November 2019.

Andri mengatakan Avanza menjadi produk Toyota yang memiliki hubungan erat dengan masyatakat. Boleh dibilang dari segi penjualan, produk Avanza masih mendominasi.

"Sampai dengan saat ini kurang lebih sudah terjual sebanyak 1,75 juta unit, ini didukung dari 300 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, " kata Andri.

Dia mengatakan Toyota memang sudah beberapa kali menggelar program privilege bagi pengguna Avanza dan Veloz. Sebelumnya mereka menggelar Avanzanation sejak 2008 berupa kegiatan perawatan mobil secara massal dan cuma-cuma. Selanjutnya, kegiatan ini berkembang dari tahun ke tahun.

Kemudian lahir Avanzanation Journey di tahun 2014 yang melibatkan tidak kurang dari 10.000 pengguna Avanza dan Veloz, untuk menempuh rute sampai 35.000 km, melintasi lebih dari 45 kota. Anggota komunitas AXIC dan Velozity yang tergabung dalam Toyota Owner Club (TOC) pun turut berperan dalam mensukseskan Avanzanation Journey 2014, dilanjutkan Program Avanza-Veloz Sebangsa pada 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
toyota

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top