Batam Bakal Jadi Pioner 'Forest City' di Indonesia

Kota Batam akan menjadi kota pertama di Indonesia yang salah satu kawasannya akan dibangun dengan konsep 'forest city'.
Bobi Bani
Bobi Bani - Bisnis.com 07 Agustus 2019  |  16:58 WIB
Batam Bakal Jadi Pioner 'Forest City' di Indonesia
Ibu Negara Iriana Jokowi (baju putih kedua dari kiri) dalam acara Hari Konservasi Alam Nasional 2019 di Batam. - Bisnis/Bobi Bani.

Bisnis.com, BATAM — Kota Batam akan menjadi kota pertama di Indonesia yang salah satu kawasannya akan dibangun dengan konsep 'forest city'.

Kriteria tersebut didasari pertimbangan adanya kawasan hutan konservasi Muka Kuning yang berada berdampingan dengan kawasan kota. Sehingga pembangunan dengan konsep forest city sangat mungkin untuk dijalankan.

"Pembangunan hutan di kota ini menjadi sangat berguna bukan hanya untuk kepentingan konservasi alam, tapi juga sebagai bagian dari edukasi untuk masyarakat, itu yang ditekankan presiden (Presiden Joko Widodo)," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, Rabu (7/8/2019).

Menteri Siti Nurbaya menyampaikan pidatonya dalam rangkaian peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2019 di Taman Wisata Alam Muka Kuning, Batam, Rabu.

Dia menjelaskan nantinya hutan yang berada di dekat kota bisa memberi jaminan ketersediaan air bersih, udara, keindahan alam, dan kebersihan. Oleh karenanya semua pihak harus ikut mendukung pembanguan berbasis lingkungan tersebut.

"Prinsip konservasi itu adalah penataan kehidupan, keanekaragaman hayati, dan pemanfaatan lingkungan secara lestari. Batam sangat potensial untuk itu," kata Nurbaya lagi.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya dalam acara HKAN 2019 di TWA Muka Kuning, Batam./Bisnis-Bobi Bani.

Di sisi lain, Nurbaya juga mengajak seluruh elemen di KLHK untuk bisa mendukung upaya menghadirkan konsep pembangunan yang memanfaatkan lingkungan secara lestari. Dengan memberikan arahan dan informasi kepada pihak lain dan masyarakat akan tata cara pembangunan yang tidak merusak keanekaragaman alam.

"Kita betul-betul harus memberikan ruang dan mendukung Pemda meningkatkan pertumbuhan ekonominya. Kita yang mengerti apa yang bisa dilakukan dengan prinsip pemanfaatannya secara lestari," kata Nurbaya lagi. (K41)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
batam

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top