Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

India Jajaki Kerja Sama dengan Banda Aceh

Pemerintah Kota Banda Aceh menerima kunjungan dari Kedutaan Besar India untuk Indonesia di Pendopo Wali Kota Banda Aceh, Senin (5/8/2019).
Wali Kota Banda Aceh menerima kunjungan dari Kedutaan Besar India untuk Indonesia di Pendopo Wali Kota Banda Aceh, Senin (5/8/2019).
Wali Kota Banda Aceh menerima kunjungan dari Kedutaan Besar India untuk Indonesia di Pendopo Wali Kota Banda Aceh, Senin (5/8/2019).

Bisnis.com, BANDA ACEH – Pemerintah Kota Banda Aceh menerima kunjungan dari Kedutaan Besar India untuk Indonesia di Pendopo Wali Kota Banda Aceh, Senin (5/8/2019).

Dalam pertemuan ini, pihak Kedutaan Besar India banyak menawarkan kerja sama kepada Pemerintah Banda Aceh, khususnya dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan sumber daya manusia.

Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat mengatakan, Banda Aceh sebagai ibu kota Provinsi Aceh memiliki potensi investasi dan kerja sama yang baik. Di samping itu, Aceh dan India punya sejarah perdagangan yang panjang.

Ia berharap kerja sama yang pernah dijaliln oleh dua daerah di masa lalu ini bisa berlanjut di masa sekarang.

"Kami mendiskusikan banyak ide. Salah satunya kerja sama bisnis. Bagaimana kami bisa melakukanan bisnis di Banda Aceh karena Kota Banda Aceh juga pusat bisnis di Provinsi Aceh. Kita ingin melakukan kerja sama dibidang pendidikan dan yang paling utama dibidang sumber daya manusia," ujar Pradeep Kumar Rawat usai pertemuan dengan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.

Salah satu kerja sama yang ditawarkan Dubes India dalam bidang sumber daya manusia ialah pelatihan dan lokasinya disiapkan oleh pihak Dubes. Saat ini, lanjutnya, banyak tenaga medis profesional datang ke India untuk kerja singkat dan short course, kebanyakan untuk spesialis jantung.

Selain di kesehatan, India juga banyak dikunjungi oleh insinyur, khususnya teknik air untuk Kita juga mempunyai banyak kerja sama dibidang teknik khususnya teknik air, sudah ada beberapa insinyur yang datang ke India, untuk berbagi pengalaman dan pengembangan kemampuan.

"Tentu saja [nanti] ada [pertemuan lanjutan], karena pertemuan hari ini kita berbicara tentang ide-ide dengan bapak Wali Kota. Dan setelah timnya mempelajari ide ini kita akan berjumpa lagi untuk pembicaran lebih lanjut dan kerja sama ke depannya," ujar Pradeep Kumar Rawat.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyambut baik kedatangan dan tawaran kerjasama dari Kedutaan Besar India untuk Indonesia. Sebagai imbal balik dari kunjungan Kedutaan Besar India ke Pemkot Banda Aceh, pihak Pemkot akan mengunjungi India juga untuk melihat potensi kerja sama yang bisa digarap.

"Tadi ada tawaran program sister city. Ini sangat baik untuk mengembangkan sebuah kota. Apa yang kita lihat lebih [baik] di sana bisa kita bawa ke sini dan juga sebaliknya. Kita bisa kerja sama dari segi ekonomi kreatif, pendidikan, dan sumber daya manusia," kata Aminullah.(K33)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper