Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lampung Ajak Badan Usaha Manfaatkan Sampah Menjadi Energi

Pemprov Lampung akan menambah kapal pengangkut sampah mengingat banyaknya sampah yang berada di perairan Teluk Lampung.
Ilustrasi: Pembangkit listrik tenaga sampah
Ilustrasi: Pembangkit listrik tenaga sampah

Bisnis.com, BANDARLAMPUNG — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak pimpinan perusahaan, baik dari badan usaha milik negara maupun pihak swasta agar dapat berpartisipasi dalam menciptakan energi baru dengan memanfaatkan sampah sebagai bahan baku.

"Melalui pencanangan laut bersih, menunjukkan keseriusan kita dalam menciptakan laut bersih, sehat, dan bernilai," kata Arinal seperti dikutip dari Antara, Rabu (31/7/2019).

Gubernur mengatakan hal itu ketika memimpin apel di Pelabuhan Panjang, Bandarlampung dalam rangka pencanangan laut bersih dan peresmian kapal pembersih sampah, yang juga dihadiri oleh Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto, GM PT Pelindo Cabang Lampung Drajat Sulistyo, dan instansi terkait lainnya.

"Dengan ini saya mengapresiasi kepada IPC [Indonesia Port Corporation] dan KSOP Panjang yang telah melakukan suatu langkah konkret untuk mendukung pengelolaan sampah di Pelabuhan Panjang dengan menyediakan kapal pembersih sampah milik IPC Pelindo dengan nama KM Telok Betong," kata Arinal.

Gubernur menambahkan bahwa dengan adanya kapal tersebut diharapkan pengelolaan sampah di Pelabuhan Panjang dapat teratasi.

Arinal juga menyatakan bahwa pihaknya akan menambah kapal pengangkut sampah mengingat banyaknya sampah yang berada di perairan Teluk Lampung.

"Saya akan usahakan ada dua kapal karena menurut GM Pelindo ada lebih dari 1.000 ton sampah per harinya," kata Arinal.

GM Pelindo Cabang Lampung Drajat Sulistyo mengatakan bahwa dengan adanya penambahan kapal dari gubernur maupun instansi lain, akan menjadikan laut di Teluk Lampung menjadi bersih.

"Program ini memang kami harapkan bisa jadi program nasional, tidak hanya Lampung dan mudah-mudahan inisiasi ini bisa membawa berkah untuk kita semua," ujar Drajat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper