Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov Sumut Bakal Bentuk Kampung Beasiswa

Program Kampung Beasiswa akan bekerja sama dengan BUMD yang ada di Pemprov Sumut dalam mengantarkan putra/putri terbaik Sumut menuju pintu LPDP. Setelah itu, LPDP akan memfasilitasinya sesuai dengan kapasitas kemampuan LPDP yakni beasiswa lanjut S2/S3 dalam dan luar negeri.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 23 Juli 2019  |  18:35 WIB
Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah saat berfoto bersama Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany di Kantor Wali Kota Tangsel, Ciputat, Selasa (9/7/2019). - Istimewa
Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah saat berfoto bersama Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany di Kantor Wali Kota Tangsel, Ciputat, Selasa (9/7/2019). - Istimewa

Bisnis.com, MEDAN—Belum lama ini Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekhsah berkunjung ke Kantor Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Jakarta. Wagub bertemu langsung dengan Direktur Utama (Dirut) LPDP Rionald Silaban.

Dalam kunjungan itu, Wagub Musa Rajekshah membahas banyak hal terkait rencana Pemerintah Provinsi Sumut mengembangkan sumber daya manusia (SDM). Rencana tersebut, antara lain, membuat Kampung Beasiswa berkolaborasi dengan alumni penerima beasiswa LPDP yang terhimpun dalam organisasi Mata Garuda. Program ini akan direalisasikan pada 2020 mendatang.

Kampung Beasiswa akan berisi muatan pelatihan Bahasa Inggris, TOEFL dan IELTS, sesuai dengan kebutuhan untuk melamar beasiswa LPDP.

“Program Kampung Beasiswa akan bekerja sama dengan BUMD yang ada di Pemprov Sumut dalam mengantarkan putra/putri terbaik Sumut menuju pintu LPDP. Setelah itu, LPDP akan memfasilitasinya sesuai kapasitas LPDP yakni beasiswa [melanjutkan studi] S2/S3 dalam dan luar negeri,” ujar Musa melalui keterangan tertulis, Selasa (23/7/2019).

Pemprov, kata Musa , siap menjadikan Sumut berprestasi melalui Kampung Beasiswa. Dengan begitu, ke depan, akan semakin banyak anak-anak dari Sumut yang lulus melalui program di LPDP.

Tidak hanya memfasilitasi program ini pada masyarakat di kota, Musa menyebutkan bahwa Pemprov Sumut juga akan memperjuangkan daerah pesisir, khususnya yang padat penduduk dan miskin.

“Ke depan, kita akan terus berkoordinasi dengan LPDP dalam mengawal Sumut berprestasi, guna meningkatkan angka kelulusan putra/putri Sumut di LPDP melalui program Kampung Beasiswa,” kata Musa.

Dirut LPDP Rionald Silaban merasa bangga atas perhatian dan pendampingan yang diberikan Pemprov Sumut terhadap Mata Garuda Sumut. Mata Garuda merupakan ikatan alumni penerima beasiswa LPDP. Organisasi ini berdiri pada 2015 dan diisi oleh alumni dari berbagai universitas di dunia dan Indonesia.

“Mata Garuda Sumatra Utara akan menjadi pusat coaching clinic pada program Kampung Beasiswa yang akan difasilitasi dan menjadi program dari Pemprov Sumut,” kata Rionald Silaban.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top