Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sumsel Gandeng ICON+ Realisasikan Program Internet Masuk Desa

Pemprov Sumatra Selatan (Sumsel) bakal menggandeng PT Indonesia Comnet Plus atau ICON+ untuk merealisasikan program internet masuk desa di provinsi itu.
Internet Banking. /informasikomputer.com
Internet Banking. /informasikomputer.com

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan (Sumsel) bakal menggandeng PT Indonesia Comnet Plus atau ICON+ untuk merealisasikan program internet masuk desa di provinsi itu.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan kerjasama dengan anak perusahaan PT PLN (Persero) itu akan melibatkan Perusahaan Daerah (PD) Prodexim.

“Saya memang sudah punya target untuk menyediakan fasilitas internet masuk desa bagi seluruh masyarakat. Kami tertarik dengan ICON+ karena sudah punya jaringan hingga ke pelosok Sumsel,” katanya, Rabu (27/6/2019).

Selain berorientasi pada profit, kerja sama ini juga diharapkan memberikan manfaat bagi Pemprov Sumsel karena bisa merelalisasikan internet masuk desa secepatnya.

Sasaran lokasi utama, kata dia, dapat terjangkau di di pusat-pusat pelayanan publik seperti pasar,  sekolah dan lainnya.

Dengan jaringan ICON+ plus yang sama kekuatannya dengan jaringan listrik yang dimiliki PLN, gubernur optimistis kerja sama itu akan menguntungkan kedua pihak.

Sementara itu, General Manager Strategic Bisnis Unit Palembang PG ICON+, Ratriani Kartika M, menjelaskan meski belum begitu familiar di kalangan masyarakat umum, namun pengguna jasa mereka sudah sangat banyak sejak tahun 2000.

Beberapa daerah kabupaten seperti  Dinas Kominfo Banyuasin, kemudian Muaraenim dan BPAD Palembang sudah ikut menikmati jasa yang mereka sediakan.

“Termasuk Bank Sumsel Babel  sejak tahun 2012. Bahkan kami sudah punya 2.200 pelanggan enterprise sejak 2000. Tapi memang belum terlalu di-publish bahwa kami adalah perusahaan TIK yang merupakan anak perusahsaan PLN,” paparnya.

Pengembangan usaha yang dilakukan ICON+ nantinya akan mengintegrasikan setiap gardu induk yang dimiliki PLN  dengan menjual internet atau bundling jaringan dengan listrik. 

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumsel, Ekowati Retnaningsih, mengatakan program internet masuk desa menjadi andalan kepala daerah tersebut yang tertuang daam rencana jangka panjang dan menengah daerah (RPJMD).

Internet desa itu nantinya bisa ditempatkan di beberapa titik utama yakni tempat-tempat umum seperti, pasar, masjid dan sekolah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper