Sumut Ingin Adakan 5 Rumah Sakit Bergerak

Sumut ingin mengadakan lima unit rumah sakit bergerak sehingga layanan kesehatan bisa menyentuh warga yang tinggal di pelosok.
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 19 Juni 2019  |  17:20 WIB

Bisnis.com, MEDAN--Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi ingin mengadakan lima unit rumah sakit bergerak sehingga layanan kesehatan bisa menyentuh warga yang tinggal di pelosok.

Dalam keterangan resminya, Rabu (19/6/2019), dia menyebut sulit untuk membangun Sumatra Utara tanpa menyediakan akses layanan kesehatan yang mumpuni.

Oleh karena itu, dia menginginkan agar setidaknya terdapat lima unit rumah sakit bergerak yang bersiaga menangani pasien.

Adapun, saat ini baru terdapat satu unit rumah sakit bergerak yang akan berkeliling ke 33 kabupaten/kota.

Kendaraan ini akan memberikanlayanan kesehatan gratis berupa penyembuhan penyakit dalam, khitanan, hernia, bibir sumbing, penyakit gigi dan mulut, hingga konseling.

"Omong kosong kami bisa membangun Sumut bila kami tidak berikan kesehatan yang baik. Inilah solusinya," ujarnya.

Pihaknya menginginkan kendaraan kesehatan yang mobile (bergerak).

"Kami akan lakukan bertahap, selama saya menjabat harus ada minimal lima kendaraan yang bersiaga untuk melayani masyarakat," ujarnya.

Saat ini, biaya operasional kendaraan tersebut berasal dari donasi.

Diharapkan nantinya, biaya operasional kendaraan bisa ditanggung anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Sumatra Utara sehingga bisa layanan kesehatan bisa menyentuh masyarakat di daerah terpencil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sumut, edy rahmayadi

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top