Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Tendensi Konsumen di Riau Turun, Masyarakat Kian Pesimis

Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat Indeks Tendensi Konsumen (ITK) di daerah itu pada triwulan I/2019 sebesar 99,95.
Kepala BPS Riau Aden Gultom/Istimewa
Kepala BPS Riau Aden Gultom/Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU – Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat Indeks Tendensi Konsumen (ITK) di daerah itu pada triwulan I/2019 sebesar 99,95.

Kepala BPS Riau Aden Gultom mengatakan angka tersebut menunjukkan tingkat ekonomi konsumen masyarakat Riau pesimis pada triwulan ini. 

"Jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang 100,92, pesimisme ekonomi konsumen pada triwulan ini mengalami penurunan, dan berada pada peringkat 9 dari 10 provinsi di Sumate\ra," ujarnya pada Selasa (7/5/2019).

Dia menjelaskan persepsi ini tidak sebaik kondisi ekonomi konsumen secara nasional yaitu 104,35 pada triwulan I/2019, tetapi lebih baik dari kondisi triwulan I/2018 Riau yang 98,16.

Pesimisme konsumen atas kondisi ekonomi triwulan ini, menurut Gultom, dipengaruhi oleh satu variabel pembentuk ITK, yaitu tingkat konsumsi makanan dan bukan makanan 94,35.

Sementara itu, persepsi pengaruh inflasi terhadap tingkat konsumsi 101,54 dan pendapatan rumah tangga kini di triwulan I/2019 optimis sebesar 101,45.

BPS memperkirakan nilai ITK Riau pada Triwulan II/2019 sebesar 111,71, artinya kondisi ekonomi konsumen pada triwulan yang akan datang lebih optimistis dibandingkan dengan triwulan I/2019, dan diperkirakan naik dibandingkan triwulan I/2019 yang ITK-nya sebesar 99,95.

"Perkiraan optimisme kondisi ekonomi konsumen didukung oleh optimisme salah satu indeks pendukung yaitu indeks pendapatan rumah tangga mendatang sebesar 118,93. Sedangkan indeks rencana pembelian barang tahan lama, rekreasi, dan pesta/hajatan pesimis sebesar 99,05," kata Gultom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper