PLN Riau Galakkan Kompor Listrik, lebih Aman Dibanding Kompor Gas

PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau mendorong masyarakat untuk mulai menggunakan kompor listrik untuk aktifitas memasak sehari-hari.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 26 April 2019  |  16:59 WIB
PLN Riau Galakkan Kompor Listrik, lebih Aman Dibanding Kompor Gas
Sejumlah peserta memasak menggunakan kompor induksi. - ANTARA/Arif Firmansyah
Bisnis.com, PEKANBARU  - PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau mendorong masyarakat untuk mulai menggunakan kompor listrik untuk aktivitas memasak sehari-hari.
 
GM PLN Riau Kepri Irwansyah Putra mengatakan banyak kelebihan dan manfaat dari kompor listrik dibandingkan gas.
 
"Pertama kompor ini lebih aman, terutama untuk anak-anak karena permukaannya saat disentuh tidak panas," katanya saat kegiatan sosialisasi kompor listrik bersama Dharma Wanita Provinsi Riau di Pekanbaru, Jumat (26/4/2019).
 
Lalu kelebihan selanjutnya yaitu ramah lingkungan. Kompor listrik atau induksi menurut Irwansyah tidak mengeluarkan emisi berupa karbondioksida.
 
Setelah itu dari segi tampilan, kompor listrik dinilai lebih elegan dan mudah dibersihkan karena terbuat dari bahan kaca.
 
Untuk proses memasak dengan kompor listrik, pihaknya mengklaim akan lebih cepat karena listrik akan menginduksi alat masak yang digunakan, bukan kompornya.
 
"Suhu dapat diatur dengan cepat dan mudah. Terakhir kompor ini praktis, mudah dibawa dan untuk memakainya tinggal mencolokkan ke kontak listrik," katanya.
 
Sementara itu Manajer SDM dan Umum PLN Riau Kepri Vick Nawan menambahkan, kompor listrik akan memberikan penghematan biaya dibandingkan kompor gas.
 
"Kalau dihitung perbandingan kompor gas dengan induksi atau listrik itu jauh lebih irit kompor listrik. Misal memasak air 10 liter bila memakai gas akan menghabiskan biaya Rp2.471 sedangkan kompor listrik hanya menghabiskan biaya Rp1.426," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
listrik, memasak, pln

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top