Eksotisme Kepri Diharapkan Gaet Wisatawan Milenial

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau membidik kunjungan wisatawan manca negara dari golongan milenial, untuk mencapai target 4 juta kedatangan pelancong asing pada tahun ini.
Newswire | 12 April 2019 14:34 WIB
Warga Tionghoa naik perahu motor usai sembahyang laut dalam festival Peh Cun, di Tanjungpinang, Kepri, Minggu (21/6/2015). - Antara/Yuli Seperi

Bisnis.com, BATAM — Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau membidik kunjungan wisatawan manca negara dari golongan milenial, untuk mencapai target 4 juta kedatangan pelancong asing pada tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar di Batam, Jumat (12/4/2019), mengatakan kalangan milenial merupakan pasar besar. Dari seluruh wisman yang berkunjung ke Indonesia, sebanyak 40 persen di antaranya adalah milenial, atau generasi Y.

"Sebanyak 40 persennya adalah milenial. Makanya anak-anak milenial kita gaet datang ke sini," kata dia.

Kalangan milenial memiliki karakteristik yang spesifik, sehingga bisa ditawarkan dengan atraksi pariwisata yang juga spesifik.

"Mereka suka yang ekstrim. Olahraga juga, sesuai dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan di Kepri, seperti triatlon, pentatron, yang membuat stamina lebih bagus," kata dia.

Selain itu, kalangan milenial juga menyukai wisata alam secara berkelompok.

Setiap bulan, kata dia, selalu ada kelompok milenial yang mengunjungi kawasan wisata Telunas di Kabupaten Karimun, yang menyajikan pariwisata kembali ke alam.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata juga mendorong swasta menyelenggarakan berbagai atraksi untuk menggaet kunjungan wisman dari generasi Y.

Menurut dia, olahraga daring (e-sport) yang kini tengah tren bisa diangkat menjadi daya tarik tersendiri. "Contohnya turnamen PUBG. Agenda seperti ini bisa diperbanyak dan dibuat dengan skala lebih luas, ke internasional," kata Ardi.

Agen dan tur didorong membuat paket kunjungan dengan kegiatan turnamen PUBG, sehingga menjadi menarik. Selain itu, pemerintah juga terus membangun destinasi wisata yang "instagramable" untuk menarik perhatian kalangan milenial berkunjung ke Batam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kepri

Sumber : Antara
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top