Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surat Suara Pileg Tiba di Kantor KPU Palembang

Surat suara untuk pemilu legislatif DPRD Palembang dan DPRD Sumsel telah sampai di kantor KPU Palembang. Sedangkan surat suara untuk pemilu presiden dan wakil presiden dijadwalkan sampai hari Sabtu.
Suasana bongkar muat box surat suara untuk Pemilihan Legislatif di Kota Palembang/Istimewa
Suasana bongkar muat box surat suara untuk Pemilihan Legislatif di Kota Palembang/Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG - Sebanyak 4.025 boks surat suara untuk pemilihan umum legislatif 17 April 2019 tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang.

Ketua KPU Kota Palembang, Eftiyani, mengatakan surat suara tersebut diangkut menggunakan 5 truk kontainer dari percetakan di Bogor Jawa Barat.

“Lima truk kontainer itu berisi surat suara DPRD Palembang dapil 1 sampai dapil 6, dan surat suara DPRD Sumsel dapil 1 dan 2,” katanya, Kamis (28/2/2019).

Eftiyani menambahkan pihaknya belum tahu persis jumlah surat suara yang diterima, namun dalam satu dus berisi 500 lembar surat suara, dan totalnya terdapat 4.025 dus.

Menurut Eftiyani, jumlah surat suara yang diminta telah sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTHb) sebanyak 1.126.087 plus 2%.

“Setelah semua surat suara tiba, KPU melalui pihak ketiga akan melakukan penyortiran sekaligus pelipatan suratsuara. Ditargetkan penyortiran rampung Maret ini,” ujarnya.

Dia mengemukakan, saat ini surat suara yang telah tiba disimpan di lantai 3 KPU Palembang dan dilakukan penjagaan ketat dari pihak kepolisian.

"Surat suara ini kita simpan di lantai tiga dan dikunci dengan tiga kunci, dari KPU, Bawaslu dan Kepolisian," katanya.

Surat suara yang tiba merupakan pengiriman tahap pertama. Sedangkan pengiriman tahap kedua akan dikirim dari percetakan di Bogor pada Kamis malam ini.

Saat ini, Komisioner KPU Palembang berserta pihak kepolisian sudah berada di Bogor untuk mengecek langsung proses loading surat suara tahap kedua.

"Hari ini surat suara tahap kedua berisi surat suara DPR RI, DPD RI dan Pilpres loading, malam harinya dijadwalkan berangkat, diperkirakan Sabtu tiba di Palembang," katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Palembang, M Taufik, mengatakan pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap surat suara yang telah tiba di kantor KPU Palembang dengan menerjunkan tim pengawas.

"Pengawasan terus dilakukan tim, saat ini tim sudah ada di Bogor untuk melakukan pengawasan. disini juga akan terus kita awasi," katanya.

Tak hanya di kantor KPU, Taufik mengatakan, pengawasan dilakukan Bawaslu di tempat percetakan surat suara di Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper