Penanganan Karhutla Riau Dibantu Helikopter Bom Air dari BNPB

Provinsi Riau akan mendapatkan bantuan helikopter bom air berkapasitas 5.000 liter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 27 Februari 2019  |  17:01 WIB
Penanganan Karhutla Riau Dibantu Helikopter Bom Air dari BNPB
Ilustrasi-Pemadaman kebakaran hutan - Antara/FB Anggoro
Bisnis.com, PEKANBARU -- Provinsi Riau akan mendapatkan bantuan helikopter bom air berkapasitas 5.000 liter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
 
Gubernur Riau Syamsuar mengatakan dari hasil rapat penanggulangan kebakaran lahan dan hutan tadi lagi, BNPB akan membantu dua unit helikopter bom air.
 
"Tadi disampaikan dari perwakilan BNPB, nanti akan dibantu heli bom air dan untuk heli TMC sudah tiba, sekarang masih proses administrasinya," katanya Rabu (27/2/2019).
 
Dia menjelaskan saat ini tim satgas karlahut Riau membutuhkan helikopter bom air untuk memadamkan api yang terjadi di wilayah Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis.
 
Menurut Syamsuar bantuan ini sangat diperlukan untuk dapat segera memadamkan api di wilayah tersebut. 
 
Selain dari BNPB, sebelumnya bantuan juga sudah diberikan oleh Panglima TNI saat berkunjung ke Riau beberapa waktu lalu.
 
Wakil Gubernur Riau Edy Nasution menambahkan, bantuan dari panglima TNI yaitu satu pasukan setingkat kompi, serta peralatan alat semprot bertenaga keras.
 
"Karena gambut yang terbakar ini kedalaman lima meter, karena itu perlu alat dan sudah dikirimkan," katanya.
 
Adapun menurut BPBD Riau angka kebakaran lahan dan hutan di wilayah itu sudah mencapai 1.136 hektare, dengan wilayah terbakar paling luas di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, Kabut Asap, kebakaran hutan

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top