Dewan Perdagangan Hong Kong Perluas Peluang Investasi di Sumut

Dewan Pengembangan Perdagangan Hong Kong (Hong Kong Trade Development Council/HKTDC) memperluas peluang investasi di Sumatra Utara.
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 26 Februari 2019  |  23:39 WIB

Bisnis.com, MEDAN--Dewan Pengembangan Perdagangan Hong Kong (Hong Kong Trade Development Council/HKTDC) memperluas peluang investasi di Sumatra Utara.

Direktur Wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan HKTDC, Peter Wong mengatakan hubungan Hong Kong dengan Sumatra Utara sudah cukup erat. Sebagai contoh, banyak pengusaha di Hong Kong yang memiliki rekan bisnis di Medan. Selain itu, pelaku usaha di Medan dan Sumatra Utara juga kerap menggunakan Hong Kong sebagai penghubung sebelum mengakses pasar di negara lain seperti di China. Oleh karena itu, dia berharap, Hong Kong dan Sumatra Utara bisa membuka peluang bisnis yang lebih lebar. 

Sebagai gambaran, dari data Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal (PTSP-PM), sepanjang 2018, investasi asal Hong Kong berada di urutan ke-6 dengan realisasi sebesar US$606,2 juta.

"Hubungan China, Hong Kong dan Medan juga begitu erat selama bertahun-tahun dan lintas generasi. Kami berharap hubungan itu menjadi dasar yang baik untuk membuka peluang bisnis bagi kedua belah pihak," ujarnya dalam acara perayaan Tahun Baru Imlek di Hotel Adimulia, Medan, Selasa (26/2/2019). 

Lebih lanjut, dia berujar, tahun lalu penerbangan langsung dari Hong Kong ke Medan melalui Cathay Dragon Airline telah dibuka. Hal ini, katanya, menjadi awal untuk membuka peluang bisnis kedua wilayah. 

Di samping itu, dia menuturkan pada Maret akan dilakukan festival film yang turut menayangkan film berlatar Danau Toba. Peter menyebut cara itu bisa menjadi ajang promosi destinasi wisata yang disebut sebagai satu dari 10 Bali baru  itu. 

"Danau Toba akan diabadikan dalam pameran film Hong Kong bulan depan untuk mempromosikan Danau Toba," katanya

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
danau toba

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top