Lanudad Gatot Subroto Beroperasi Komersial Pekan Ketiga Maret

Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, menyambut baik dibukanya penerbangan perdana melalui Lanudad Gatot Soebroto di Way Kanan, pada pekan ketiga Maret 2019.
Newswire | 22 Januari 2019 21:06 WIB
Pesawat Susi Air di Lanudad Gatot Subroto di Way Kanan, Provinsi Lampung. - Antara

Bisnis.com, BLAMBANGAN UMPU – Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, menyambut baik dibukanya penerbangan perdana melalui Bandara Udara Pangkalan Angkatan Darat (Lanudad) Gatot Soebroto di Way Kanan, pada pekan ketiga Maret 2019.

"Alhamdulillah akhirnya capaian kita berhasil. Insya Allah Maret ini akan mengadakan penerbangan perdana Lampung - Jakarta," ujar Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya di Blambangan Umpu, ibu kota Kabupaten Way Kanan, pada Selasa (22/1/2019).

Menurut dia, penerbangan perdana ini akan dilaksanakan pada pekan ketiga Maret 2019 dengan menggunakan pesawat ATR 72.

Dia menjelaskan persetujuan penerbangan komersial Bandara Lanudad Gatot Soebroto ini telah dipenuhi oleh Kementrian Perhubungan serta didukung oleh Pemkab Waykanan dan Mabes TNI AD.

"Ini semua berkat doa kita bersama. Dengan beroperasinya bandara ini berarti bisa menambah pemasukan serta mempromosikan Way Kanan ke tingkat nasional,” lanjutnya.

Adipati menjelaskan, Pemkab Way anan dalam waktu dekat akan melakukan perbaikan beberapa kekurangan seperti jalan masuk ke bandara, pagar, dan penyediaaan travo. Sedangkan untuk kekurangan baik sisi udara maupun darat, segera dipenuhi Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub.

Mengenai subsidi untuk tiket penerbangan, Adipati mengatakan akan bertemu lebih dahulu dengan maskapai yang memiliki pesawat ATR 72.

"Kami harus bertemu dahulu dengan maskapai tersebut. Apakah akan diberikan subsidi atau seperti apa. Yang pasti kita akan berusaha agar tiket bisa mendapatkan subsidi," ungkapnya.

Beberapa kekurangan yang ada di Bandar Udara Lanudad Gatot Subroto yang perlu perbaikan fasilitas sisi udara, yaitu perbaikan runway, apron, perbaikan taxiway dan pekerjaan pagar pengaman batas sisi udara.

Sedangkan perbaikan fasilitas sisi darat, yaitu pembuatan terminal penumpang (memanfatkan kantor Lanudad), pembuatan jalan akses masuk dan parkir, perbaikan sarana komunikasi dan navigasi serta relokasi kantor Lanudad Gatot Subroto.

Sumber : Antara

Tag : bandara, lampung
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top