Fasilitas Jembatan Musi IV Kerap Dicuri

Pemerintah Kota Palembang bakal meningkatkan keamanan sarana infrastruktur baru, Jembatan Musi IV, karena fasilitas di jembatan itu diincar pencuri.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 09 Januari 2019  |  14:08 WIB
Fasilitas Jembatan Musi IV Kerap Dicuri
Sejumlah kendaraan melintasi Jembatan Musi IV saat uji coba operasional jembatan tersebut di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (3/1/2019). Uji coba operasional tersebut dilakukan sejak Kamis (3/01/2019) hingga hasil evaluasi uji coba operasional tersebut keluar. - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang bakal meningkatkan keamanan sarana infrastruktur baru, Jembatan Musi IV, karena fasilitas di jembatan itu diincar pencuri.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan berdasarkan informasi Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) wilayah V, sudah ada tiga kali tindak pencurian terhadap beberapa kabel untuk lampu jembatan.

"Tidak gampang kita membuat jembatan, tahun 1962 kita ada jembatan Ampera, dua puluh tahun kemudian atau tahun 1982 jembatan Musi II dan baru sekarang kita menambah lagi jembatan, sejak 2015 dari duplikat Musi II, Musi IV dan nanti akan segera diresmikan jembatan Musi VI. Jadi tolong dijaga dan dimanfaatkan dengan baik," katanya, Selasa (8/1/2018).

Menurut Harno salah satu cara untuk meningkatkan keamanan di jembatan itu adalah memasang CCTV sehingga aktivitas di infrastruktur itu terpantau.

“Makanya mari kita jaga sama-sama aset pemerintah ini. Jangan diputuskan kabelnya, jangan dirusak, dinding jembatan rapi bersih jangan dicoret-coret,” katanya.

Setelah ini, selanjutnya jembatan ini akan terus ditingkatkan menjadi jalan yang menghubungkan jalan A Yani dan Perintis Kemerdekaan, di mana akan menjadi lingkar dalam juga yang tembus ke Tol Palindra, Tol Kapalbetung.

"Saat ini tahap pembebasan lahannya sudah kita laksanakan, tinggal tahap pembayaran. Dinas PU-TR Provinsi juga dalam hal ini di kepalai Dharma Budi selaku Plt, telah menganggarkan dan siap dilaksanakan pada tahun 2019 ini," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
palembang, jembatan musi

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top