Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun Kota Berkelas Dunia, Pemkot Padang Fokus Tiga Sektor Ini

Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat memfokuskan pembangunan pada tiga sektor sebagai visi jangka panjang untuk pengembangan kota tersebut menuju kota berkelas internasional.
Pantai Kota Padang/Reuters-Darren Whiteside
Pantai Kota Padang/Reuters-Darren Whiteside

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat memfokuskan pembangunan pada tiga sektor sebagai visi jangka panjang untuk pengembangan kota tersebut menuju kota berkelas internasional.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyebutkan tiga sektor yang menjadi prioritas pengembangan itu adalah pendidikan, perdagangan dan pariwisata.

“Visi misi Kota Padang ke depan adalah mewujudkan masyarakat yang madani, unggul, serta berdaya saing tinggi. Mewujudkannya melalui tiga sektor pendidikan, perdagangan, dan pariwisata,” ujarnya, Minggu (23/12/2018).

Dia mengatakan untuk bidang pendidikan, pemerintah setempat telah menyiapkan berbagai program meningkatan kompetensi dan kemampuan siswa, termasuk ekstra kurikuler bahasa Inggris yang sekaligus akan mendukung kegiatan pariwisata.

Untuk pengembangan sektor perdagangan, Mahyeldi mengungkapkan dilakukan perbaikan infrastruktur Pasar Raya Padang, infrastruktur pasar tradisional, dan infrastruktur penunjang kegiatan perdagangan lainnya.

“Gedung untuk para pedagang di pasar dibangun dengan sangat memadai, sehingga bersih dan masyarakat merasa nyaman untuk berbelanja,” katanya.

Selain itu, tentu saja pembenahan pelabuhan perdagangan yang menunjang kegiatan perdagangan luar negeri, serta membuka akses lebih luas ke mancanegara.

Di bidang pariwisata, Pemkot Padang melakukan perbaikan sarana dan prasarana penunjang kegiatan wisata, dan mempercantik berbagai objek wisata yang ada di ibukota Sumbar itu.

Beberapa yang tengah dalam pengembangan adalah objek wisata sepanjang Pantai Padang hingga Taman Siti Nurbaya Gunung Padang, Pantai Air Manis, dan kawasan Batang Arau, dan Kota Tua Padang.

Menurut Mahyeldi, untuk menjadi kota internasional, Kota Padang setidaknya harus memenuhi empat aspek pelayanan dasar, yaitu tersedianya energi listrik yang memadai, tersedianya air minum yang siap minum melalui PDAM, tersedianya transportasi umum yang mampu melayani tujuh koridor, dan menyiapkan sumber daya masyarakat Padang.

“Kota Padang sudah mendekati ini, kalau sudah terpenuhi dengan baik, maka Kota Padang sudah layak menjadi kota berkelas internasional,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper