Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Optimalkan Produksi Kilang Polypropylene Plaju dengan OTS

PT Pertamina mengoptimalisasikan produksi dan kualitas bijih plastik di Kilang polypropylene melalui perangkat simulator bagi operator kilang yang berlokasi di Plaju Palembang.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 20 Desember 2018  |  15:17 WIB
Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero) Budi Santoso Syarif (kiri) meninjau operator training simulator (OTS) kilang polypropylene di Pertamina RU III Plaju Palembang, Kamis 20 Desember 2018. - Bisnis/Dinda Wulandari
Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero) Budi Santoso Syarif (kiri) meninjau operator training simulator (OTS) kilang polypropylene di Pertamina RU III Plaju Palembang, Kamis 20 Desember 2018. - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – PT Pertamina mengoptimalisasikan produksi dan kualitas bijih plastik di Kilang Polypropylene melalui perangkat simulator bagi operator kilang yang berlokasi di Plaju Palembang.

Yosua I. M Nababan, General Manager RU III Plaju,  menambahkan kilang polypropylene di Plaju merupakan satu-satunya kilang penghasil bijih plastik yang dimiliki Pertamina.

Sehingga, dia menilai,  kilang spesifik petrokimia itu menjadi prioritas untuk dibangun perangkat simulator yang disebut operator training simulator (OTS) itu.

“RU III merupakan pioneer Kilang yang memiliki OTS Petrokimia yang tentunya harus menjadi role model,” katanya saat peresmian OTS Pertamina RU III Plaju, Kamis (20/12/2018).

Diketahui, OTS berguna untuk mensimulasikan seluruh kegiatan operasional kilang baik dari dalam Distributed Control System (DCS) maupun langsung dari lapangan.

Yosua mengharapkan melalui OTS dapat tetap mempertahankan bahkan semakin meningkatkan keunggulan dalam kualitas-kualitas produk yang dihasilkan Kilang Polypropylene.

“OTS ini harus dimanfaatkan seoptimal mungkin, selain meningkatkan kinerja, peralatan ini juga memungkinkan informasi untuk dapat segera dianalisa, dievaluasi,” katanya.

Dengam demikian, lanjut Yosua,  pengambilan keputusan dapat lebih cepat dan secara tidak langsung mendukung peningkatan margin Perusahaan.

Bahkan, Pertamina RU III menargetkan dapat menjadi market leader untuk pelanggan industri plastik melalui peningkatan produksi dan kualitas bijih plastik.

Sementara itu, Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero) Budi Santoso Syarif mengatakan  OTS merupakan salah satu terobosan  oleh Pertamina RU III untuk mempercepat peningkatan kompetensi para pekerja serta sebagai sarana improvement process sebelum diaplikasikan di Kilang Petrokimia. 

“Terobosan OTS ini sudah kami lakukan di beberapa kilang Pertamina, khusus di RU III Plaju OTS untuk kilang polypropylene,” paparnya.

Budi melanjutkan, melalui OTS ini Operator diharapkan semakin menguasai konfigurasi serta fungsi dan cara kerja peralatan utama seperti pompa, compressor dan kolom distilasi.

Dia menilai OTS juga menjadi sarana untuk para pekerja muda, milenials yang berusia dibawah 32 tahun untuk mempelajari dan menguasai teknik mengoperasikan kilang secara lebih efisien dan efektif.

“Hal tersebut dicapai dengan cara melakukan berbagai simulasi dan penugasan di OTS yang di monitor dan dilatih oleh pekerja senior,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina propilena plaju
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top