Bengkulu Bangun 3 Pelabuhan Pendaratan Ikan

Pemerintah Provinsi Bengkulu mulai tahun depan membangun tiga pelabuhan pendaratan kapal ikan guna mengoptimalkan eksplorasi kekayaan maritim di wilayah itu.
Newswire | 30 November 2018 22:29 WIB
Ilustrasi nelayan menata ikan hasil tangkapannya untuk dilelang. - Antara/Syifa Yulinnas

Bisnis.com, BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu mulai tahun depan membangun tiga pelabuhan pendaratan kapal ikan guna mengoptimalkan eksplorasi kekayaan maritim di wilayah itu.

"Tiga pelabuhan yang akan dibangun terletak di Kabupaten Mukomuko yang mewakili wilayah utara, Pulau Enggano untuk tengah, dan Kabupaten Kaur untuk selatan," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu, Ivan Syamsurizal, di Kota Bengkulu, Jumat (30/11/2018).

Dia menuturkan bahwa pembangunan tiga pelabuhan itu akan mengakomodasi luas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Provinsi Bengkulu yang mencapai 685.000 km2.

"Ini punya pemerintah dalam memberdayakan nelayan, sekaligus mengembangkan kegiatan ekonomi maritim di Bengkulu," ujarnya.

Ketiga pelabuhan ikan tersebut, lanjut Ivan, khusus untuk menampung kapal perikanan tangkap berukuran hingga 30 gross ton (GT). Karena itu, pemerintah mulai mendorong nelayan untuk beralih ke kapal bermuatan besar agar lebih banyak menampung ikan hasil tangkapan.

"Dari sekitar 3.400 kapal nelayan di Bengkulu hanya sekitar 400 unit saja yang berukuran di atas 30 GT, selebihnya adalah kapal-kapal kecil. Karena itu, kami terus berupaya menjalin kerja sama peningkatan armada kapal besar," sebutnya.

Selain pembangunan pelabuhan dan peningkatan armada, pemerintah juga berencana membangun industri pembuatan garam dan tambak di wilayah itu.

"Pengembangan berbagai potensi maritim ini dilakukan dengan mengedepankan konsep keberlanjutan lingkungan, sehingga kelestarian alam dapat terjaga secara baik," ucapnya.

Sumber : Antara

Tag : perikanan, bengkulu
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top