Riau Tetapkan Status Siaga Darurat Banjir

Setelah menghentikan status siaga darurat karhutla mulai akhir November, Pemprov Riau akan menetapkan daerah itu menjadi siaga darurat banjir mulai awal Desember.
Arif Gunawan | 29 November 2018 17:40 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, PEKANBARU -- Setelah menghentikan status siaga darurat karhutla mulai akhir November, Pemprov Riau akan menetapkan daerah itu menjadi siaga darurat banjir mulai awal Desember.
 
Kepala BPBD Riau Edwar Sanger mengatakan penetapan siaga darurat banjir di wilayahnya, menyusul penetapan status yang sama oleh lima kabupaten setempat.
 
"Setelah siaga darurat karhutla dicabut, Riau akan berstatus siaga darurat banjir karena lima daerah kabupaten sudah menetapkan status itu," katanya Kamis (29/11/2018).
 
Dia merincikan lima kabupaten dengan status siaga darurat banjir yaitu Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi, Pelalawan, dan Kampar.
 
Daerah itu mulai terdampak banjir pada masa sebulan terakhir, salah satunya disebabkan meningkatnya curah hujan di wilayah tersebut.
 
Untuk mengantisipasi banjir, pihaknya telah melakukan serangkaian langkah antisipasi, dan juga koordinasi dengan BPBD serta pemda kabupaten terkait.
 
"Penetapan status ini juga merujuk kepada laporan BMKG Pekanbaru yang sudah menyatakan Riau masuk musim penghujan dengan intensitas curah hujan tinggi," katanya.

Tag : banjir, riau
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top