Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sumbar Dorong IKM Pasarkan Produk Lewat e-Smart

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mendorong pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di daerah itu memanfatkan program e-smart.
Ilustrasi IKM perajin gitar./Antara-Prasetia Fauzani
Ilustrasi IKM perajin gitar./Antara-Prasetia Fauzani

Bisnis.com, PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mendorong pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di daerah itu memanfatkan program e-smart dan marketplace berbasis online lainnya untuk meningkatan pemasaran produk.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyebutkan sudah saatnya pelaku usaha merambah online untuk pemasaran. Apalagi, pemerintah sudah mengeluarkan program e-smart yang memudahkan pemasaran produk IKM.

“Banyak manfaatnya, terutama perluasan pasar bagi produk IKM. Maka itu, pelaku usaha di Sumbar harus menangkap peluang ini,” ujarnya di Padang pada Rabu (24/10/2018).

Menurutnya, dengan adanya program promosi online dan pemasaran produk secara online itu akan memudahkan pelaku usaha membidik pasar lebih luas, sehingga juga berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dia mengatakan program e-smart adalah program milik pemerintah untuk memudahkan produk IKM menembus pasar lebih luas baik domestik maupun ekspor karena produknya juga makin dikenal konsumen.

Selain fasilitas pemasaran lewat daring, Nasrul meminta pelaku usaha juga meningkatkan kualitas produk dan sumber daya manusianya.

“Kualitas produknya harus bagus, mulai dari pengemasannya yang menarik hingga mutu produknya. Juga SDM yang mengerjakan harus bagus,” ucapnya.

Dia menuturkan selain promosi produk melalui e-smart, pemda setempat juga memfasilitasi produk IKM daerah itu untuk dipromosikan di salah satu marketplace dalam negeri yaitu Bukalapak.

“Harapan kami, dengan begini, akan meningkatkan kualitas produk IKM, menambah jumlah pelaku usaha, sekaligus juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Wagub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper