Puluhan Pekerja Pertamina Palembang Mengajar di Sekolah Dasar 

Ribuan pekerja Pertamina kembali menyebarkan semangat positif bagi anak-anak sekolah dasar yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air, termasuk Palembang dengan melaksanakan program mengajar bagi para siswa.
Dinda Wulandari | 27 Agustus 2018 16:56 WIB
General Manager Refinery Unit III Plaju, Yosua I. M. Nababan saat mengajar di SDN 230 Tegal Binangun. - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG -- Ribuan pekerja Pertamina kembali menyebarkan semangat positif bagi anak-anak sekolah dasar yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air, termasuk Palembang dengan melaksanakan program mengajar bagi para siswa.

General Manager Refinery Unit III Plaju, Yosua I. M. Nababan, mengatakan para pekerja meluangkan waktu selama satu hari untuk berpartisipasi dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan.

"Seluruh relawan ini merupakan pekerja kami yang mendaftarkan diri, meluangkan waktu mereka di luar aktivitas pekerjaan sehari-harinya untuk mengajar," katanya, Senin (27/8/2018). 

Pada tahun ini, kata Yosua, sebanyak 76 relawan pekerja dari berbagai unit operasi dan anak perusahaan di Palembang akan mengajar di 4 Sekolah Dasar, antara lain di SD Negeri 230 Tegal Binangun, SD Negeri 236 Talang Putri, SD Negeri 92 Seberang Ulu II, dan SD Negeri 211 Kertapati.

Menurut dia, kegiatan mengajar itu merupakan tahun ketiga yang dikemas melalui program Pertamina Energi  Negeri (PEN), dengan melibatkan 1.435 pekerja dari kantor pusat Pertamina Jakarta, unit operasi dan anak perusahaan dari berbagai tingkat jabatan. 

"Para relawan akan mengajar, mendokumentasikan seluruh kegiatan yang berlangsung secara serentak di 17 lokasi, yakni di  Aceh, Medan, Dumai, Pekanbaru, Jambi, Prabumulih, Palembang, Jakarta, Balongan (Indramayu), Cilacap, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Tanjung, Makassar, Jayapura dan Kasim," katanya.

Adapun total sekolah yang dijangkau sebanyak 63 sekolah dasar yang berada di sekitar wilayah operasi Pertamina.

Dia mengatakan Pertamina Energi Negeri merupakan kegiatan sukarela yang diinisiasi secara murni oleh pekerja-pekerja muda Pertamina yang tergabung dalam Culture Change Agent.  

"Mereka yang terlibat dalam kegiatan meliputi relawan pengajar, dokumentasi dan fasilitator tidak hanya meluangkan waktu satu hari untuk berkegiatan sosial, namun juga secara mandiri menyiapkan rencana kegiatan mengajar, perlengkapan dan biaya yang mungkin timbul dari kegiatan tersebut," paparnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 230, Ertini mengungkapkan apresiasinya atas kegiatan PEN ini. 

"Kami menyambut positif atas kunjungan mengajar dan bantuan Ruang Literasi untuk sekolah kami, mengingat perpustakaan kami ini sudah dari tahun 80-an," ujarnya.

Tag : pertamina, palembang
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top