Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov Sumut Siap Jadi Pilot Project Sistem Kepegawaian Elektronik

Pemerintah Provinsi Sumatra Utara siap menjadi pilot project atau percontohan penerapan sistem kepegawaian secara elektronik.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 13 Agustus 2018  |  20:29 WIB
Kantor Gubernur Sumut - sumutprov.go.id
Kantor Gubernur Sumut - sumutprov.go.id

Bisnis.com, Medan – Pemerintah Provinsi Sumatra Utara siap menjadi pilot project atau percontohan penerapan sistem kepegawaian secara elektronik.

Bahkan, saat ini Pemprov Sumut sudah menjadi percontohan bagi provinsi lain tentang pengembangan aplikasi e-planning dan e-budgeting, yang dapat diakses langsung melalui internet di mana pun berada.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Utara Sabrina ketika menerima Kepala Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara (BKN) Medan English Nainggolan, Senin (13/8/2018) di Kantor Gubernur Sumatra Utara, Medan.

“Dengan menerapkan sistem elektonik, kita bisa mengikuti perkembangan zaman yang banyak memakai sistem elektronik atau pun internet, hingga masyarakat bisa mengetahui hanya dengan cara akses internet,” kata Sabrina, yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Mutasi Pegawai BKD Sumut Abdul Khoir.

Meski demikian, Sabrina masih memiliki keinginan besar untuk sistem data ASN, khususnya di seluruh Sumut,yang tersimpan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprovsu dapat dicari melalui internet. 

Selain mengurangi pemberkasan dengan menggunakan kertas, ASN tidak perlu lagi meninggalkan tugas hanya untuk mengantar data ke instansi berwenang, misalnya ASN daerah tidak lagi mengantarnya ke BKD Provinsi.

“ASN yang aktif cukup melalui internet menyampaikan berkas ke instansi terkait yakni Badan Kepegawaian Daerah setempat, tanpa harus membawa berkas yang berupa kertas-kertas. BKD sendiri cukup membuka data di website bisa langsung tanpa mencari berkas di gudang. BKD setempat juga harus aktif dalam hal status ASN yang akan medapatkan kenaikan pangkat  atau kenaikan gaji berkala, cukup menginformasikan kepada ASN melalui email ASN, dan ini mempermudah sistem kepegawaian ke depannya,” kata Sabrina.

Terkait penempatan Kakanreg VI BKN Medan yang baru English Nainggolan, Sabrina berharap bisa bekerja sama dalam hal kepegawaian di Sumut.

“Sebagai perwakilan BKN pusat, Kepala Kareg VI BKN Medan yang baru saya harapkan bisa bekerja sama dengan Pemprovsu, seperti sebelumnya dalam hal sistem pegawai di Sumatra Utara,” ujarnya.

English Nainggolan yang saat itu didampingi Sestama BKN Pusat Usman Gumanti mengatakan akan melanjutkan program kebijakan pendahulunya, serta tidak tertutup kemungkinan menerapkan sistem kepegawaian mengunakan elektronik lebih baik lagi dari sebelumnya. Termasuk sistem penerimaan ASN baru CASN atau sebelumnya CPNS. 

“Ke depan  masyarakat yang ingin mengikuti formasi CASN cukup melalui internet dan ini sudah dilakukan berapa tahun terakhir yang langsung link ke BKN Pusat,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov sumut
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top