Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BBPOM Pekanbaru Buktikan 3 Sarden Mengandung Cacing

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru membuktikan lewat uji laboraorium ke tiga jenis produk sarden kemasan kaleng yang dijual di masyarakat, mengandung cacing.

Bisnis.com, PEKANBARU -- Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru membuktikan lewat uji laboraorium ke tiga jenis produk sarden kemasan kaleng yang dijual di masyarakat, mengandung cacing.

Kepala BBPOM Pekanbaru Muhammad Kashuri mengatakan dengan hasil uji labor ini, produk sarden tersebut harus segera ditarik dari peredaran.

"Tiga merek sarden yang terbukti yaitu IO, Farmer Jack, dan HOKI, kami melakukan uji labor dari viralnya kasus temuan cacing di sarden di beberapa daerah," katanya Rabu (21/3/2018).

Dia mengatakan daerah yang ditemukan kasus cacing dalam kemasan sarden yaitu di Selatpanjang, Kabupaten Meranti, lalu Tembilahan, Indragiri Hilir.

Dari temuan kasus itu, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat, untuk dikirimkan sampel sarden kemasan yang berisikan cacing.

Di media sosial disebutkan bahwa sarden kemasan yang ditemukan masyarakat itu, berisikan cacing pita.

"Tapi dari hasil uji kami ternyata bukan cacing pita. Namanya cacing Anisakis species, cantik namanya," katanya.

Dari penjelasan pihaknya, cacing yang ada di ikan sarden tersebut adalah sejenis parasit yang dapat menimbulkan masalah pada ikan, hingga ke manusia. Bila dikonsumsi dalam kondisi mentah atau setengah masak, dapat menimbulkan penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper