Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Pessel Butuh Rp500 Miliar untuk Tangani Abrasi

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat membutuhkan anggaran Rp500 miliar untuk penanganan abrasi di sejumlah pantai di daerah itu.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat membutuhkan anggaran Rp500 miliar untuk penanganan abrasi di sejumlah pantai di daerah itu.

Kepala Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Pesisir Selatan (Pessel) Doni Gusrizal menyebutkan pemerintah setempat akan melakukan penganangan abrasi di sejumlah pantai di wilayah tersebut.

“Tahun depan ada empat titik lokasi yang menjadi prioritas untuk penanganan abrasi di Pessel,” katanya, Rabu (21/3/2018).

Menurutnya, empat titik lokasi yang menjadi prioritas penanganan abrasi adalah Pantai Sungai Nyalo, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pantai Api Api Kecamatan Bayang, Pantai Amping Parak Kecamatan Sutera, dan Pantai Salido Kecamatan IV Jurai.

Total anggaran untuk mengatasi abrasi itu adalah sebesar Rp196,4 miliar dengan masing-masing pantai mendapatkan alokasi anggaran Rp22,5 miliar untuk Pantai Sungai Nyalo, Rp23,9 miliar Pantai Api Api, Rp20 miliar Pantai Amping Parak, dan Rp130 miliar untuk Pantai Salido.

Dia mengungkapkan upaya penanganan abrasi di empat pantai tersebut masuk prioritas pembangunan 2019 melalui APBN.

“Sebenarnya lima pantai yang kami ajukan, tetapi Pantai Muaro Kandis belum masuk. Target kami anggaran untuk Pantai Muaro Kandis sebesar Rp20 miliar bisa diakomodir di APBN perubahan,” katanya.

Dia mengatakan setidaknya 10 titik lokasi pantai di daerah itu membutuhkan alokasi anggaran untuk penanganan abrasi, yang totalnya mencapai Rp500 miliar.

“Di Pessel ada 10 titik lokasi yang membutuhkan penanganan abrasi, sehingga anggarannya cukup besar, mecnapai Rp500 miliar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper