Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Serapan Tenaga Kerja di Sumbar Meningkat, Ini yang Dilakukan Disnakertrans

Disnakertrans Sumatra Barat mencatat jumlah serapan tenaga kerja di daerah itu terus mengalami peningkatan selama empat tahun terakhir.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PADANG - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi (Disnakertrans) Sumatra Barat mencatat jumlah serapan tenaga kerja di daerah itu terus mengalami peningkatan selama empat tahun terakhir.

“Serapan tenaga kerja di Sumbar terus meningkat dari tahun ke tahun. Sehingga membuat angka pengangguran pun turun," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatra Barat Nizam Ul Muluk, Senin (23/9/2024).

Dia menjelaskan terhitung sejak tahun 2021, serapan tenaga kerja 2.581.444, tahun 2022 meningkat menjadi 2.688.164, tahun 2023 bertambah menjadi 2.844.925, dan pada tahun ini 2.907.450.

Peningkatan serapan kerja itu diklaim berhasil dilakukan dengan memaksimalkan berbagai program pelatihan kerja dan produktivitas  tenaga kerja, seperti pelaksanaan job fair (bursa kerja) dan sosialisasi informasi pasar kerja, kegiatan pemagangan dalam negeri maupun luar negeri serta melalui program penempatan tenaga kerja di perusahaan di Sumbar, luar Sumbar, bahkan di luar negeri.

Menurutnya data menunjukkan, berbagai program tersebut sukses menurunkan persentase pengangguran terbuka (TPT) di Sumbar dari tahun ke tahun. 

Di tahun 2021, TPT 6,52%, tahun 2022 turun menjadi 6,28%, di tahun 2023 kembali turun menjadi 5,95%. "Kami berharap  tahun 2024 ini juga semakin menurun," ujarnya.

Dia menyebutkan, pertumbuhan wirausahawan baru di Sumbar dalam 3 tahun terakhir juga cukup pesat, totalnya lebih kurang 113.759 wirausahawan.

Jumlah itu melampaui target  yang sebelumnya telah ditetapkan, yakni sebanyak 100.000 entrepreneur baru. Bertambahnya wirausaha kan baru tersebut, kata Nizam, dinilai juga dapat berdampak terhadap penurunan  tingkat pengangguran di Sumbar.

Dikatakannya seandainya dari 113.759 wirausahawan ini, setengahnya bisa terus berkembang, lalu mereka dapat mempekerjakan 5 orang dalam setiap usaha yang dijalankan.

"Coba hitung berapa banyak tenaga kerja yang akan terserap. Belum lagi dari eksportir-eksportir baru yang  terus bermunculan di Sumbar, mereka yang telah berhasil ekspor, tentu juga mempekerjakan banyak orang. Ini juga akan banyak menyerap tenaga kerja  di Sumbar,” ungkapnya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi menyebutkan dalam menurunkan tingkat pengganguran terbuka di Sumbar, pihaknya terus berupaya menyiapkan tenaga kerja dengan kompetensi yang tepat untuk mengisi kebutuhan di dunia kerja, setiap tahun dilaksanakan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi pada Balai Latihan Kerja (BLK) se-Sumbar.

Melihat pada tahun 2024 sebanyak 2.921 tenaga kerja mendapatkan pelatihan kompetensi dengan berbagai keterampilan, soft skill yang dibutuhkan oleh dunia kerja di BLK se-Sumbar dan lembaga pelatihan kerja swasta yang ada.

"Dengan kompetensi dan keahlian yang dimiliki dari pelatihan  yang dilaksanakan, tamatannya tidak hanya semakin mudah mendapatkan pekerjaan, tapi juga bisa membuka usaha sendiri yang tentunya akan berdampak terhadap serapan tenaga kerja,” terangnya.

Mahyeldi menyampaikan, setiap tahun angkatan kerja di Sumbar juga terus bertambah. Berdasarkan data Pembuatan Kartu Pencari Kerja (AK1) dari Informasi Pencari Kerja (IPK) yang dilakukan tenaga kerja di kabupaten dan kota, pada tahun 2021 jumlah Angkatan kerja di Sumbar 4.077.629 orang, tahun 2022 sebanyak 4.138.949 orang, tahun 2023 sebanyak 4.344.987 orang, dan tahun 2024 menjadi 4.381.230 orang.

Dia menjelaskan untuk menyambungkan antara penyedia pekerjaan dengan para pencari kerja, Pemprov Sumbar juga setiap tahunnya melaksanakan kegiatan job fair. 

"Job fair yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan akses informasi tentang berbagai peluang kerja kepada para angkatan kerja yang belum mendapatkan pekerjaan,” sebutnya.

Pada tahun 2024, Mahyeldi menyebutkan Disnakertrans Sumbar mengadakan kegiatan Job Fair bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) dan Universitas Negeri Padang (UNP) di Auditorium UNP Kampus Air Tawar pada Mei 2024 lalu.

“Job fair di UNP, sekitar 53 perusahaan terlibat dan peminatnya lebih dari 4000 pencari kerja. Dari kegiatan tersebut, kita berhasil membantu 609 orang pencari kerja mendapatkan pekerjaan diberbagai perusahaan, tidak hanya di Sumbar tapi perusahaan berskala nasional,” terangnya.

Dia menambahkan, selain itu juga dilakukan kegiatan pemagangan tenaga kerja dalam negeri yang menjadi salah satu program kolaborasi Disnakertrans Sumbar dengan Kemenaker.

Pada tahun 2023 lalu sebanyak 200 orang pencari kerja mendapatkan kesempatan magang di berbagai perusahaan, daya ungkitnya sangat besar dalam membantu penyerapan tenaga kerja.

“Hasilnya sekitar 85% diantaranya terserap. Setelah 6 bulan mengikuti magang dan mendapatkan support sebesar Rp1 juta per bulan yang dianggarkan melalui APBN,  sebanyak 160 orang diterima bekerja," kata dia.

Sekarang program yang sama juga tengah berlangsung untuk 179  orang pencari kerja, dan ditargetkan juga banyak yang diterima di perusahan tempat pemagangan nya tersebut.

Dikatakannya pada tahun 2024 juga dilakukan perluasan kesempatan kerja melalui  pola grameen bank, terdapat sebanyak 369 UMKM diberdayakan.  

Upaya itu juga menjadi bagian dalam peningkatan penyerapan tenaga kerja di Sumbar. “Kami juga melaksanakan pelatihan peningkatan produktifitas untuk wirausaha baru untuk 150 orang,” ucap dia.

Berbagai upaya yang dilakukan  dalam perluasan  kesempatan kerja ini juga berdampak positif terhadap serapan tenaga kerja dalam negeri pada sejumlah sektor lapangan usaha di Sumbar.

Melihat pada tahun 2021 sebanyak  2.761, tahun 2022 sebanyak 3.442, tahun 2023 menjadi 7.200 dan tahun  2024 sebanyak 2.644. Adapun sektor lapangan usaha tersebut meliputi pertanian, pertambangan, industri pengolahan, listrik, gas dan air, pengadaan air, kontruksi, perdagangan, angkutan, akomodasi, informasi dan komunikasi, keuangan, REI, jasa dan lain-lain.

“Pada  tahun 2024, jumlah tenaga kerja  yang ditempatkan melalui Antar Kerja Lokal (AKL) sebanyak 2.445 orang, Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) 201 orang, dan Antar Kerja Antar Negera (AKAN) sebanyak 2.702 orang,” jelasnya.

Dalam penempatan tenaga kerja luar negeri  yang dilakukan melalui Balai Perlindungan Pekerja Migran Indonesia  (BP2MI) dan juga BP3MI. Bahkan dia menyebutkan juga terus menunjukkan peningkatan, pada tahun 2021 sebanyak 13 orang dikirim bekerja ke luar negeri,  tahun 2022 sebanyak 571 orang, tahun 2023 sebanyak  875 orang dan diharapkan pada tahun ini jumlahnya akan terus meningkat.

“Malaysia menjadi negara terbanyak yang menerima tenaga kerja Sumbar, diurutan kedua Jepang. Namun ada juga ke  beberapa negara lainnya, seperti Jerman dan Australia.  Kebanyakan tenaga kerja tersebut bekerja di sektor formal, untuk informal banyak di Australia, mereka bekerja sambil berlibur disana,” terangnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper