Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Kampar Berhasil Tekan Inflasi, Ini Strateginya

Pemkab Kampar berhasil menekan angka inflasi dalam tiga bulan terakhir, dengan menjalankan sejumlah strategi dan kerja sama berbagai pihak.
Ilustrasi. Aktivitas jual beli kebutuhan pokok di Pasar Minggu. Bisnis/Nurul Hidayat
Ilustrasi. Aktivitas jual beli kebutuhan pokok di Pasar Minggu. Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemerintah Kabupaten Kampar berhasil menekan angka inflasi dalam tiga bulan terakhir, dengan menjalankan sejumlah strategi dan kerja sama berbagai pihak.

Penjabat (Pj) Bupati Kampar Hambali mengatakan dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kampar, inflasi month-to-month di daerah itu mengalami penurunan yang signifikan selama tiga bulan terakhir. 

Pada Maret 2024, angka inflasi tercatat sebesar 0,67%, kemudian turun menjadi 0,03% pada April 2024, dan berlanjut dengan deflasi sebesar -0,27% pada Mei 2024.

"Hal ini menunjukkan upaya yang telah dilakukan Pemkab Kampar dalam mengendalikan inflasi telah memberikan dampak yang signifikan terhadap penurunan angka inflasi selama tiga bulan terakhir," ujarnya, Selasa (2/7/2024).

Dia menjelaskan langkah konkret yang dilakukan Pemkab Kampar dalam pengendalian inflasi meliputi pemberian bantuan benih sayuran, unggas, cabai, kangkung, bayam, jagung, serta bantuan ayam kube, benih padi, pupuk, pakan ikan, dan peralatan perlengkapannya kepada kelompok wanita tani di hampir setiap desa di Kabupaten Kampar.

Selain itu, Pemkab Kampar berencana menjalin kerja sama dengan kabupaten penghasil kebutuhan pokok di Provinsi Sumatera Barat, seperti Kabupaten Solok, Kabupaten Lima Puluh Kota, dan Kota Payakumbuh. 

Kerja sama ini mencakup distribusi beras, sayuran, dan kebutuhan pokok lainnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Kampar.

Hambali menyebutkan pihaknua siap untuk menerima masukan, pandangan, dan catatan dari tim evaluator Kemendagri demi perbaikan tata kelola pemerintahan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kampar.

"Dengan kerja sama yang baik dan dukungan dari berbagai pihak, kami yakin dapat terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan inflasi di Kabupaten Kampar," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper