Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balai Teknik Perkeretaapian Lakukan Ramp Check Sarana Kereta Api di Sumbar

Ramp check pada sarana kereta api tersebut untuk mengetahui kesiapoperasian dan kelaikan sarana kereta api dalam rangka persiapan angkutan lebaran tahun 2024.
Pihak Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas II Padang melakukan ramp check sarana kereta api di Divre II Sumatra Barat. dok BTP
Pihak Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas II Padang melakukan ramp check sarana kereta api di Divre II Sumatra Barat. dok BTP

Bisnis.com, PADANG - Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas II Padang, Sumatra Barat, melakukan ramp check sarana dan juga stasiun sebelum masa libur dan mudik lebaran tahun 2024.

Kepala BTP Padang Endang Setiawan mengatakan kegiatan ramp check pada sarana kereta api tersebut untuk mengetahui kesiapoperasian dan kelaikan sarana kereta api dalam rangka persiapan angkutan lebaran tahun 2024.

"Pada masa angkutan lebaran 2024 ini bisa dipastikan pada masa libur ini akan ramai penumpang terutama untuk angkutan kereta api. Makanya kami melakukan ramp check, agar kondisi saat melayani penumpang dalam keadaan aman," katanya, Selasa (2/4/2024).

Dia menjelaskan dalam ramp check pada sarana kereta api itu, BTP mengambil data perawatan dan pemeriksaan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan kegiatan perawatan dan pemeriksaan yang dijalankan oleh penyelenggara sarana di Sumbar yakni PT KAI (Persero) Divre II Sumbar.

Selanjutnya lalu melakukan inspeksi atau pemeriksaan langsung pada sarana berdasarkan standar spesifikasi dan keselamatan masing-masing sarana yang ditandai dengan stiker angkutan lebaran 2024.

Menurutnya selain mengecek kesiapoperasian sarana, BTP juga melakukan ramp check pada stasiun-stasiun yang ada di Sumbar, yang dimulai dari berbagai fasilitas yang ada di stasiun juga harus memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang sudah tertuang pada Peraturan Menteri No. 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api.

“Spesifikasinya tentu banyak, secara garis besar kami mengecek kembali bagaimana stasiun akan memberikan rasa aman, nyaman, andal, mudah, setara serta berkeselamatan bagi seluruh pengunjung dan pengguna kereta api,” kata Kabalai.

Dia menyampaikan pada masa angkutan lebaran maupun masa Natal dan Tahun Baru, BTP Padang juga melakukan Posko Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2024 untuk memonitoring perjalanan kereta api baik di stasiun-stasiun maupun di perlintasan yang akan berlangsung pada 3 April hingga 18 April 2024 mendatang.

"Semoga masa angkutan lebaran 2024 ini, perjalanan kereta api bisa berjalan dengan aman dan lancar tanpa adanya gangguan yang berarti sehingga mampu memberikan pengalaman berarti bagi para pengguna dan pemudik yang pulang ke kampung halaman,” harapnya.

Dia juga mengatakan untuk informasi tambahan, BTP Padang bersama Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar beberapa saat lalu juga telah melakukan perbaikan pada perlintasan sebidang di daerah Duku dan Pasar Usang. 

Tak hanya melakukan perbaikan pada perlintasan, namun di perlintasan Duku juga dilakukan pelebaran jalan dengan memindahkan tiang sinyal kereta api sehingga BPJN Sumbar bisa melakukan pelebaran lebih kurang dua meter kiri dan kanan jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper