Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Arus Mudik di Bandara Pekanbaru Diperkirakan Capai 12.000 Penumpang

Pengelola Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menyebutkan puncak arus mudik di bandara itu bakal terjadi pada H-5 Lebaran tahun ini.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU -- PT Angkasa Pura II (Persero) pengelola Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menyebutkan puncak arus mudik di bandara itu bakal terjadi pada H-5 Lebaran tahun ini.

Penumpang diprediksi meningkat karena ekonomi Riau sedang bagus dan harga sawit sedang tinggi.

Eksekutif General Manager Bandara Pekanbaru Radityo Ari Purwoko menyebutkan dari perhitungan pihaknya, puncak arus mudik akan ada sekitar 12.307 penumpang yang terbang pada H-5 Idulfitri.

"Puncaknya diperkirakan pada H-5 lebaran. Dengan perkirakan jumlah penumpang sebanyak 12.307 orang dan 96 penerbangan," ungkapnya, Senin (25/3/2024).

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang itu, pihaknya akan mulai membuka Posko Mudik 2024 pada 3 April 2024 mendatang, dimana puncak arus penumpang mudik akan terus berlangsung sampai 6 April 2024.

Ada sejumlah maskapai yang akan menambah penerbangan diantaranya Citilink dengan tujuan Batam dan Medan, kemudian Garuda Indonesia menambah penerbangan tujuan Jakarta, serta Lion Air menambah penerbangan tujuan Surabaya.

Dia meyakini peningkatan angka penumpang mudik karena ekonomi Riau sedang bagus, seperti harga komoditas sawit yang terus meroket mendekati harga Rp3.000 per kgnya.

Sementara itu untuk puncak arus baliknya, diperkirakan terjadi pada H+4 lebaran. Yang diperkirakan akan ada sekitar 12.111 penumpang dengan 92 penerbangan.

"Untuk peningkatan jumlah penumpang diperkirakan sudah akan terjadi seminggu sebelum Lebaran, namun saat ini belum ada peningkatan jumlah penumpang. Masih normal saja, malah agak low," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper