Sejumlah Daerah di Sumsel Diprediksi Hujan Pada Saat Pemilu

BMKG Sumsel memperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sejumlah daerah pada saat pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG –  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatra Selatan memperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sejumlah daerah pada saat pelaksanaan Pemilu 2024

Korbid Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Veronica Sinta Andayani mengungkapkan pada hari Rabu (14/2/2024) besok, potensi hujan sedang-lebat diprediksi berlangsung di 10 daerah. 

Adapun daerah itu meliputi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin (Muba), Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara), Lahat, Pagaralam, Muara Enim, Ogan Komering Ulu (OKU) dan OKU Selatan.

“Untuk Pemilu yakni tanggal 14 Februari 2024, potensi hujan diperkirakan di 10 kabupaten kota di Sumsel,” katanya, Selasa (13/2/2024). 

Selanjutnya, dia juga menginstruksikan semua pihak agar dapat meningkatkan kewaspadaan mengingat kondisi sungai di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) yang masih pasang surut. 

Berdasarkan data Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII pukul 12.38 WIB, terdapat sembilan sungai di Sumsel yang berstatus siaga. Rinciannya yaitu empat sungai siaga satu, tiga sungai siaga dua, dan dua sungai siaga tiga.

Veronica menjelaskan, kondisi pasang air laut di muara Sungai Musi mencapai pasang maksimum yang cukup tinggi yakni di kisaran 3,5-3,8 meter. Dengan puncak berlangsungnya pada pukul 07.00 WIB hingga 09.000 WIB. 

Sehingga, aliran air sungai ke muara terhalang atau mengalami perlambatan, sementara debit air sungai cukup tinggi ditambah dengan hujan yang sering terjadi di hulu. 

“Kondisi peningkatan pasang surut terjadi sejak 8 Februari lalu hingga saat ini. Volume air sungai yang meningkat, ditambah aliran air sungai ke hulu yg kurang lancar akibat pasang menyebabkan air sungai melimpah ke daerah-daerah di sekitar sungai, terutama daerah yg rendah,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper