Gempa Sumatera Barat 5,7 M, Terasa hingga Padang

Masyarakat di sejumlah daerah di Provinsi Sumatra Barat dikejutkan dengan gempa yang terjadi pada 07.52 WIB Senin (5/2) pagi.
Ilustrasi gempa/pixabay.com
Ilustrasi gempa/pixabay.com

Bisnis.com, PADANG - Masyarakat di sejumlah daerah di Provinsi Sumatra Barat dikejutkan dengan gempa yang terjadi pada 07.52 WIB Senin (5/2/2024) pagi.

Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa tersebut merupakan gempa laut dengan kekuatan magnitudo 5,7 yang berpusat di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, dengan kedalaman 16 km.

"Gempa ini tidak berpotensi terjadi tsunami. Kepada masyarakat diimbau tidak panik," tulis BMKG, Senin (5/2/2024).

Kendati gempa 5,7 M ini pusatnya di Pesisir Selatan, namun guncangannya juga terasa di Kota Padang, Bukittinggi, dan juga di Muko-muko Bengkulu.

Salah seorang warga di Surantih, Pesisir Selatan, Yuni mengatakan, gempa tersebut terasa sangat kuat. Bahkan guncangannya itu tidak dimulai dari getaran kecil, namun langsung datang dengan guncangan yang besar.

"Tidak ada aba-abanya, langsung guncangan besar saja. Biasanya ada getaran kecil dulu, baru ada guncangan yang besar," ujar dia.

Yuni mengaku gempa yang terjadi pada Senin (5/2) pagi sangat mengejutkan, dan sudah cukup lama di wilayah Pesisir Selatan tidak merasakan gempa dengan guncangan yang demikian.

"Dari informasi BMKG yang saya baca, sepertinya gempanya cukup dangkal," ujarnya.

Belum diketahui dampak dari gempa tersebut meski guncangan terasa cukup kuat, terutama di wilayah Pesisir Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper