Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permudah Akses Warga, Pelabuhan Penagi di Natuna Selesai Direvitalisasi

Perbaikan Pelabuhan Penagi meliputi trestle, dermaga, lampu penerangan jalan umum tenaga surya (LPJU TS), fender, gudang, gedung terminal, dan kanopi.
Pelabuhan Penagi di Kepri
Pelabuhan Penagi di Kepri

Bisnis.com, BATAM - Kota Ranai di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) akhirnya memiliki pelabuhan pengumpan regional yang lebih modern.

Pelabuhan yang dinamai Penagi tersebut merupakan hasil revitalisasi Pemerintah Provinsi (Pempro) Kepri, dengan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp15,044 miliar di tahun lalu.

Pekerjaan rehabilitasi Pelabuhan Penagi meliputi trestle, dermaga, lampu penerangan jalan umum tenaga surya (LPJU TS), fender, gudang, gedung terminal, dan kanopi. Pekerjaan dilaksanakan oleh PT Yudha Perkasa Utama dan disupervisi oleh PT Priangan Raya Utama.

"Oleh karena itu kita berkolaborasi bersama pemerintah kabupaten dan pusat membangun infrastruktur dalam rangka merangkai pulau. Kita bersyukur banyak fasilitas untuk kebutuhan akses transportasi dan bongkar muat barang direvitalisasi kembali. Sebagian menggunakan anggaran kabupaten, provinsi, dan APBN," kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Rabu (17/1/2023).

Pemprov Kepri juga menyerahkan aset yang baru dibangun yaitu Pelabuhan Binjai dengan anggaran Rp 2,5 miliar. Tujuannya agar Binjai menjadi satu kawasan penghubung antara Ranai dan Sedanau. Aset tersebut diserahkan agar dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna. 

"Selesainya rehabilitasi pelabuhan dan sarana prasarana Pelabuhan Penagi dipersembahkan bagi masyarakat Natuna untuk menjamin kelancaran aksesibilitas orang dan barang," katanya lagi.

Gubernur Ansar juga menekankan pentingnya pengelolaan pelabuhan yang efektif dan efisien. Ia mengatakan bahwa saat ini Unit Pelaksana Tugas (UPT) yang mengelola pelabuhan Natuna masih bergabung dengan Anambas. Kedepannya akan dibentuk UPT sendiri. 

"Jadi tidak hanya mengejar kontribusi kembali kepada pemerintah, tapi juga ada fungsi sosial yang besar maka pelayanan yang jadi tujuan utama kita," tuturnya.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper