Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perumnas Launching 1.107 Unit Hunian Apartemen di Jakabaring Palembang

Apartemen ini berada di atas lahan seluas 5 hektare dengan jumlah hunian sebanyak 1.107 unit di lokasi strategis kompleks Jakabaring Sport City Palembang.
Hunian Apartemen Samesta Jakabaring, Palembang.
Hunian Apartemen Samesta Jakabaring, Palembang.

Bisnis.com, PALEMBANG – Perusahaan Umum Pembangunan Rumah Nasional (Perumnas) meluncurkan apartemen Samesta Jakabaring yang juga bertepatan dengan perayaan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) yang jatuh pada 26 Agustus 2023. 

Apartemen ini berada di atas lahan seluas 5 hektare dengan jumlah hunian sebanyak 1.107 unit di lokasi strategis kompleks Jakabaring Sport City Palembang. 

Direktur Pemasaran Perumnas, Imelda Alini Pohan mengatakan sebanyak 81 juta milenial belum memiliki hunian. Oleh karena itu, kehadiran apartemen ini menjadi salah satu upaya memberikan ketersediaan hunian yang nyaman dan sesuai kebutuhan masyarakat. 

"Kami bersama stakeholder perumahan terus bergerak cepat dengan menyediakan hunian idaman berkualitas dan terjangkau. Di Samesta Jakabaring ini ada 3 tower dengan jumlah hunian sebanyak 1.107 unit yang terdiri dari tipe studio dan 2 BR," ujar Alini, dikutip, Minggu (27/8/2023).

Dia menjelaskan harga hunian yang ditawarkan mulai dari Rp200 jutaan, dan saat ini hampir 30 persen dari total unit sudah terpesan. 

“Kedepannya, Perumnas juga tengah berkoordinasi dengan pemerintah setempat dalam penyediaan shuttle feeder bus ke stasiun LRT terdekat untuk kemudahan para penghuni dan masyarakat sekitar dalam menjangkau aktivitas mereka,” sambungnya. 

Selain itu, pihaknya juga memberikan fleksibilitas untuk semua profesi baik itu profesi bankable maupun non bankable agar bisa membeli rumah dengan berbagai pilihan lokasi di Indonesia, termasuk di Apartemen Samesta, melalui kampanye “Sekarang Gampang Punya Rumah”.

"Sekarang ada kecenderungan di generasi milenial untuk membelanjakan uang yang dimiliki untuk keperluan lifestyle ketimbang berinvestasi di hunian pribadi. Sehingga edukasi bagi generasi muda ini dirasa perlu dilakukan guna mengubah perspektif mereka tentang kemudahan memiliki hunian," kata dia.

Sementara itu, Direktur Rumah Swadaya Kementerian PUPR KM Arsyad menjelaskan, berkat kolaborasi dengan Perumnas bisa membangun sejumlah tower hunian untuk masyarakat.

"Rumah adalah kebutuhan utama kita. Pemerintah sudah menjamin bahwa masyarakat berhak tinggal di rumah yang layak. Pemerintah juga sudah menargetkan akses rumah layak huni dari 56 persen menjadi 70 persen," kata dia.

Selama 9 tahun terakhir, pemerintah sudah meningkatkan jumlah rumah bagi masyarakat melalui program sejuta rumah. Ditarget tahun 2023 bisa mencapai 480.000 rumah.

"Pemerintah dengan berbagai kebijakan agar masyarakat bisa mendapatkan rumah. Diantaranya dengan subsidi dari pajak pertambahan nilai, hingga mempertimbangkan kenaikan harga produksi rumah," kata dia.

Kementerian PUPR juga telah memfasilitasi pembiayaan melalui fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan FLPP, subsidi bantuan uang muka dan sebagainya.

"Kami berharap dengan adanya subsidi ini, Perumnas bisa meningkatkan sisi kualitas dan hunian yang sudah dibangun agar lebih cepat diisi masyarakat," kata dia.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Provinsi Sumsel Basyaruddin Akhmad mengatakan pihaknya mendukung penuh penyediaan hunian yang nyaman bagi masyarakat.

"Perumnas harus terus berinisiatif karena disini adalah kawasan strategis. Karena tidak hanya kompleks olahraga Jakabaring, disini juga ada Poltekpar, Perbankan, bahkan kantor-kantor instansi. Sehingga perlu diperluas akses transportasi ke lokasi ini," kata dia.

Pihaknya meyakini dengan adanya apartemen tersebut dapat memicu berkembangnya kawasan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper