Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tabungan Pelajar di Kepri Capai Rp63,35 Miliar

Berdasarkan data terakhir dari OJK Kepri per Desember 2022, jumlah tabungan pelajar tercatat memiliki 286.288 rekening.
Logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bisnis.com, BATAM - Tabungan pelajar berkonsep Simpanan Pelajar (Simpel) yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepulauan Riau (Kepri) ternyata sangat diminati oleh kalangan pelajar di Batam.

Berdasarkan data terakhir dari OJK Kepri per Desember 2022, jumlah tabungan pelajar tercatat memiliki 286.288 rekening baik itu konvensional maupun syariah, dengan nilai tabungan sebesar Rp63,35 miliar.

"OJK memang tengah mengkampanyekan tabungan pelajar berkonsep Simpel. Tujuannya untuk meningkatkan inklusi keuangan di kalangan pelajar Provinsi Kepri," kata Kepala OJK Kepri Rony Ukurta Barus, Senin (5/6/2023).

Catatan OJK menunjukkan bahwa di seluruh Indonesia, ada sekitar 76 juta pelajar yang telah membuka tabungan pelajar, dengan nilai tabungan capai Rp27 triliun.

Di Kepri, ada 356 PAUD/TK, 993 SD/MI, 704 SMP/MTs dan 664 SMA/MA yang sudah menjalin kerja sama dengan bank-bank penyalur Simpel.

"Hingga Desember 2022, terdapat 22 bank umum dan 12 BPR/S di Kepri yang menjalankan program ini," pungkasnya.

Simpel merupakan salah satu inisiatif OJK untuk memperluas akses keuangan bagi kalangan pelajarsekaligus mengajarkan dan membiasakan mereka mengelola uang sejak dini.

Simpel juga mendukung inisiatif OJK di bidang literasi keuangan yang mengenalkan dan mengajarkan materi mengenai OJK serta industri jasa keuangan kepada pelajar SMA, SMP, dan selanjutnya akan dilakukan kepada pelajar SD. Dengan demikian, pelajar dapat langsung praktik menabung di bank.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper