Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepri dapat Anggaran Rp646 Miliar dari Kementerian PUPR untuk Bangun Jalan

Kementerian PUPR menurunkan anggaran sebesar Rp646 miliar untuk pembangunan dan penanganan jalan daerah di Kepulauan Riau (Kepri).
Gubernur Kepri Ansar Ahmad
Gubernur Kepri Ansar Ahmad

Bisnis.com, BATAM - Kementerian PUPR menurunkan anggaran sebesar Rp646 miliar untuk pembangunan dan penanganan jalan daerah di Kepulauan Riau (Kepri).

"Kami sangat bersyukur, karena usulan penanganan jalan Pemprov Kepri membuahkan hasil. Kepri dapat tambahan anggaran Rp 646 miliar dari Kementerian PUPR," kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Kamis (25/5/2023).

Menurut Ansar, kepastian anggaran dari Kementerian PUPR itu didapatkan setelah hasil review pada Aplikasi Sinergitas Transparansi Integrasi Akuntabel (SiTIa) yang diinput Pemprov Kepri berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo.

Ia sangat mengapresiasi persetujuan Kementerian PUPR untuk penanganan jalan daerah di Kepri. Pemerataan pembangunan di seluruh wilayah itu sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat.

Adapun penanganan jalan di Kepri pada 2023 meliputi pemeliharaan jalan, peningkatan jalan, hingga konstruksi jalan baru yang menyasar di tujuh kabupaten/kota, meliputi Batam, Tanjungpinang, Bintan, Lingga, Karimun, Anambas, dan Natuna.

"Infrastruktur jalan itu jadi syarat utama untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah, karena jalan yang memadai bisa memperlancar arus perputaran barang, jasa, dan uang," sebutnya.

Ia berkomitmen bahwa Pemprov Kepri akan lebih giat lagi mencari dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan di Kepri. Kolaborasi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat memang sangat dibutuhkan dalam mendorong kemajuan daerah.

Ia menyampaikan tahun ini ada 17 paket usulan penanganan jalan di Kepri yang disetujui oleh Kementerian PUPR yang terdiri dari 11 usulan penanganan jalan yang diusulkan Pemprov Kepri, dua usulan penanganan jalan yang diusulkan melalui aspirasi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kepri.

Kemudian, empat usulan penanganan jalan untuk perbaikan jalan yang terdampak longsor di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, yang merupakan arahan langsung dari Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper