Pembebasan Lahan Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin Capai 95 Persen

Di awal pengerjaan tol hingga dua tahun lalu progresnya sedikit lambat, bahkan terdapat beberapa titik lahan yang belum bisa dibebaskan.
PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus kebut pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), salah satunya yakni Ruas Pekanbaru–Padang Seksi 1 (Padang–Sicincin) (Pacin) sepanjang 36km.  /Hutama Karya
PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus kebut pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), salah satunya yakni Ruas Pekanbaru–Padang Seksi 1 (Padang–Sicincin) (Pacin) sepanjang 36km. /Hutama Karya

Bisnis.com, PADANG - Ketua Tim Percepatan Pembebasan Lahan Jalan Tol Seksi Padang-Sicincin Audy Joinaldy mengatakan sampai saat ini pembebasan lahan di seksi Padang-Sicincin telah mencapai 95 persen.

"Jadi dari 1.622 bidang tanah dari nol kilometer sampai kilometer 36, sudah 1.541 bidang tanah atau 95 persen yang telah selesai pembebasannya," kata Audy, yang juga Wagub Sumbar ini, Rabu (24/5/2023).

Diakuinya bahwa di awal pengerjaan tol hingga dua tahun lalu progresnya sedikit lambat, bahkan terdapat beberapa titik lahan yang belum bisa dibebaskan. Sehingga, pengerjaan tol tersebut terhenti.

Namun secara bertahap pembebasan lahan mengalami peningkatan, hingga sekarang sudah 95 persen yang selesai pembebasan lahannya, atau sudah 73 persen meningkat dibandingkan sebelumnya.

"Kita bersyukur progresnya terus mengalami kemajuan, selain percepatan pembebasan lahan, juga pembangunan fisik jalan tol Padang-Sicincin,” ujarnya.

Dia menyebutkan, saat ini sudah banyak pengerjaan fisik pembangunan jalan tol Padang-Sicincin yang terhubung, seiring dengan peningkatan lahan yang telah selesai pembebasannya.

Untuk 81 bidang tanah yang dalam tahap penyelesaikan pembebasannya juga telah ter-mapping, dimana paling banyak  berada di Nagari Kapalo Hilalang Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

“Jadi, kalau data kita sebenarnya 95,1  yang sudah selesai pembebasan lahannya termasuk konsinyasi. Sisanya yang belum bebas dan sedang proses juga diharapkan ini bisa segera dituntaskan," jelas Audy.

Pembangunan fisik jalan tol juga terus berjalan, bahkan pengerjaan dilakukan 24 jam nonstop untuk mempercepat menyelesaikan pembangunan tol Padang-Sicincin ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper