8.000 Lebih Jemaah Haji Siap Berangkat Melalui Bandara SMB II Palembang

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang telah memastikan kesiapan jelang layanan penerbangan jemaah haji yang akan memulai pemberangkatan pada 27 Mei 2023
Penumpang berjalan di dekat pesawat Citilink Indonesia di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatra Selatan, Senin (4/3/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Penumpang berjalan di dekat pesawat Citilink Indonesia di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatra Selatan, Senin (4/3/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, PALEMBANG – Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang telah memastikan kesiapan jelang layanan penerbangan jemaah haji yang akan memulai pemberangkatan pada 27 Mei 2023. 

Executive General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Iwan Winaya Mahdar mengatakan keberangkatan calon jemaah haji terdiri dari 23 kloter yaitu 20 kloter untuk jemaah asal Sumatra Selatan (Sumsel) dan 3 kloter lain merupakan jemaah asal Bangka Belitung. 

“Total 23 kloter, dengan jumlah kurang lebih ada 8.192 jemaah haji,” kata Iwan kepada Bisnis, Selasa (23/5/2023).

Sementara itu, Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumsel Abdul Qudus menyampaikan calon jemaah haji asal Sumsel akan mulai masuk ke Asrama Haji pada tanggal 26 Mei 2023. 

“Untuk jemaah calon haji asal Sumsel total 7.012. Untuk tambahan belum ada informasi lebih lanjut," jelas Qudus. 

Dia merinci per tanggal 19 Mei 2023, jemaah yang telah melakukan pelunasan berjumlah 7.252. Sehingga, dari kuota 7.012 jemaah, sudah ada kelebihan 240 jemaah. 

Menurutnya, dari jamaah cadangan yang berjumlah 2.104 orang, terdapat 1.093 jemaah yang telah melunasi uang ibadah haji atau Bipih.

“Jemaah cadangan yang telah melakukan pelunasan itu bisa saja masuk keberangkatan pada tahun ini. Atau jika kuota sudah penuh, akan masuk dalam daftar keberangkatan tahun 2024,” sambungnya.

Lebih lanjut, pengelola Asrama Haji Palembang Achmad Yani menjelaskan hingga saat ini persiapan secara teknis terus dilakukan oleh pihaknya. 

Yani mengungkapkan persiapan telah mencapai 95 persen, dan telah disiapkan beberapa ruangan diantaranya poliklinik kamar-kamar, ruangan untuk panitia dan kamar untuk supir bus pembawa calon jemaah haji. 

“Secara keseluruhan sudah disiapkan 278 kamar dengan masing-masing kamar, rata-rata ada empat kamar tidur,” pungkasnya. (K64)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper