Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Ruas Jalan Tol Fungsional di Trans Sumatra Dilalui 29.000 Kendaraan

Setelah dioperasikan fungsional oleh PT Hutama Karya, empat ruas jalan tol fungsional di Trans Sumatra dilalui sebanyak 29.000 kendaraan sejak akhir pekan lalu.
Suasana proyek tol Indralaya-Prabumulih, Sumatra Selatan. Foto arsip./Bisnis-Suselo Jati.
Suasana proyek tol Indralaya-Prabumulih, Sumatra Selatan. Foto arsip./Bisnis-Suselo Jati.

Bisnis.com, JAKARTA — Setelah dioperasikan fungsional oleh PT Hutama Karya (Persero), empat ruas jalan tol fungsional di Trans Sumatra tercatat telah dilalui sebanyak 29.000 kendaraan sejak dibuka akhir pekan lalu.

Adapun ruas fungsional yang telah dioperasikan adalah Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 5 & 6 sepanjang 13 km, Ruas Indralaya-Prabumulih sepanjang 63,5 km, Ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 & 2 dan Seksi 3 & 4 sepanjang 28,5 km dan Ruas Binjai-Langsa Seksi 2 sepanjang 7,2 km.

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menjelaskan hingga hari kedua difungsionalkan, Hutama Karya mencatat total volume lalu lintas (VLL) kendaraan yang melintas di Ruas Indraprabu melalui Gerbang Tol (GT) Prabumulih mencapai sebanyak 12.022 kendaraan.

Sementara itu, untuk Ruas Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat pada Gerbang Tol Tebing Tinggi–Indrapura Seksi 1,2,3 dan 4 sebanyak 14.436 kendaraan dan Ruas Sibanceh Seksi 5 & 6 sebanyak 1.315 kendaraan, sedangkan untuk Stabat-Kuala Bingai atau GT Proklamasi mencatat 1.476 kendaraan.

"Ruas-ruas fungsional ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan Golongan I dengan tidak dikenakan tarif atau gratis," ujarnya dalam keterangan resminya, Selasa (18/4/2023).

Selama fungsional, Ruas Indraprabu dan Stabat-Kuala Bingai dioperasikan mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, sedangkan Ruas Sibanceh Seksi 5 dan 6 mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, sedangkan Ruas Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat yang dioperasikan secara fungsional oleh PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) selaku anak perusahaan Hutama Karya dibuka 24 jam. 

Selain memfungsionalkan beberapa ruas konstruksi, Hutama Karya memberikan diskon tarif yang telah berlaku sejak Minggu (16/04/2023) pukul 06.00 WIB hingga Selasa (18/04/2023) pukul 06.00 WIB dan pada arus balik berlangsung pada tanggal (27/04/2023) pukul 06.00 WIB hingga (29/04/2023) pukul 06.00 WIB dengan diskon tarif sebesar 20 persen.

Diskon tersebut berlaku hanya untuk kendaraan yang melintas dengan jarak tarif terjauh yang masuk dari Gerbang Tol Bakauheni Selatan dan keluar di Gerbang Tol Kayu Agung atau sebaliknya. Diskon tarif yang diberlakukan dengan pembulatan kelipatan Rp500 diatur berdasarkan hitungan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT).

"Selama arus mudik dan balik, Hutama Karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol," imbaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler