Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara SMB II Palembang Prediksi Peningkatan Okupansi Pesawat Capai 90 Persen

Pengelola Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang memprediksi terjadi peningkatan keterisian pesawat mencapai 90 persen pada masa mudik Lebaran 2023.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pengelola Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang memprediksi terjadi peningkatan keterisian pesawat mencapai 90 persen pada masa mudik Lebaran 2023.

Executive General Manager SMB II Palembang Iwan Winaya Mahda mengungkapkan angka tersebut meningkat dibanding hari biasanya yang berjumlah 50-54 persen.

Menurut Iwan hal itu berimbas pada pergerakan pesawat yang diperkirakan menjadi 62 per hari dibandingkan hari biasa.

“Jadi 62 itu 31 pesawat datang dan 31 pesawat pergi," ujar Iwan, Kamis (13/4/2023).

Peningkatan tersebut, lanjut Iwan, sejalan dengan lonjakan jumlah penumpang yang diprediksi terjadi mulai 16 April 2023 mendatang.

Dia merinci untuk jumlah airline yang akan beroperasi yaitu terdiri dari 7 airline dengan jumlah 5 rute penerbangan yang terdiri dari rute Jakarta, Cengkareng, Pangkal Pinang, Batam, Surabaya.

“Pada 12 April, akan ada airline baru yang beroperasi yaitu Pelita Air yang tentunya sangat mendukung pelayanan terhadap penumpang selama masa angkutan lebaran 2023 ini,” tambah Iwan.

Selanjutnya Iwan mengatakan, kenaikan jumlah penumpang itu juga membuat pihaknya melakukan persiapan melalui pembukaan posko pengendalian angkutan lebaran yang akan dimulai pada 14 April 2023.

Posko pengendalian angkutan lebaran ini melibatkan beberapa instansi diantaranya Tim dari AOC, Perhubungan, Kementerian KKP, Polisi, TNI, Basarnas, Karantina Pertanian, Karantina Hewan, Custom Imigrasi Quarantine, AIRNAV, serta BNN.

"Pembukaan posko ini menyesuaikan dengan kebijakan nasional dan untuk di posko tersebut, setiap personel akan berkoordinasi dan melaporkan secara realtime untuk dianalisis sebagai dasar pengambilan keputusan,” tutup Iwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper