Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Tol Bangkinang-Pangkalan Tuntas Akhir Tahun Ini

Pengerjaan ruas Tol Bangkinang - Pangkalan tahap I saat ini telah rampung sepanjang 24,7km dan sisanya ditargetkan akan tuntas dibangun pada Desember 2023.
Proyek Jalan Tol Trans Sumatera. Pembangunan Jalan Ruas Tol Pekanbaru – Padang, Seksi Sicincin, Lubukalung – Padang. /Hutama Karya
Proyek Jalan Tol Trans Sumatera. Pembangunan Jalan Ruas Tol Pekanbaru – Padang, Seksi Sicincin, Lubukalung – Padang. /Hutama Karya

Bisnis.com, PEKANBARU -- PT Hutama Karya (Persero) pemilik proyek jalan tol Trans Sumatra menyatakan pembangunan proyek jalan tol ruas Pekanbaru-Bangkinang serta Bangkinang-Pangkalan terus berjalan dengan baik. Ditargetkan untuk ruas Bangkinang-Pangkalan akan tuntas pada akhir tahun ini.

Project Director PT Hutama Karya Jalan Tol Ruas Pekanbaru - Bangkinang, Bambang Eko mengatakan untuk poyek tol Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 40 kilometer (km) telah selesai dikerjakan.

“Alhamdulilah pada Januari 2023 kemarin sudah diresmikan oleh Presiden Jokowi. Tinggal menyisakan pengerjaan sepanjang 6km lagi,” ujarnya, Jumat, (3/2/2023).

Kemudian dia menjelaskan untuk pengerjaan ruas Tol Bangkinang - Pangkalan tahap I yang merupakan sesi V dari ruas jalan tol Pekanbaru- Padang, saat ini telah rampung sepanjang 24,7km dan sisanya ditargetkan akan tuntas dibangun pada Desember 2023.

Project Director PT Hutama Karya Jalan Tol Ruas Bangkinang - Pangkalan, Bambang Hendrarto menjelaskan terdapat beberapa kendala dalam penyelesaian proyek ini, yang berkaitan dengan pengadaan tanah dan perizinan.

“Pertama, kami belum bisa bekerja di lokasi ex kawasan hutan. Kedua, lokasi exit tol masih belum dapat dikerjakan karena statusnya masuk penetapan lokasi (Penlok) tambahan,” ujarnya.

Untuk mengatasi hal ini, tindak lanjut yang akan diambil ialah dengan melakukan percepatan proses pembebasan lahan prioritas di lokasi ex kawasan hutan, serta percepatan proses penerbitan penlok tambahan, yang ditargetkan selesai pada Februari 2023 ini.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyatakan siap mendukung pembangunan jalan tol trans sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru - Bangkinang dan Bangkinang - Pangkalan.

Asisten II Setdaprov Riau, M. Job Kurniawan mengatakan dengan dibangunnya JTTS ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi bisnis barang dan jasa, sehingga daya saing Provinsi Riau akan semakin meningkat.

Kondisi ini dinilai akan berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja dan dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Riau.

Kepala Dinas (Kadis) PUPR Provinsi Riau, Arief Setiawan mengatakan penerbitan surat keputusan penetapan lokasi (Penlok) tambahan ruas Tol Pekanbaru - Padang seksi Bangkinang - Pangkalan tahap I dan Penlok tahap II ruas Tol Pekanbaru - Rengat, saat ini sedang dalam proses administrasi. "Penlok ini baru diajukan minggu lalu dan akan kami siapkan, minggu depan selesai,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper