Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dukung Kearifan Lokal, Menteri KKP Resmikan Kampung Elo Pukek di Padang

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono meresmikan Kampung Elo Pukek yang ada di kawasan Pantai Purus Padang, Sumatra Barat, Minggu (21/8/2022).
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 21 Agustus 2022  |  15:53 WIB
Dukung Kearifan Lokal, Menteri KKP Resmikan Kampung Elo Pukek di Padang
Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono (tengah) menandatangani prasasti yang turut didampingi oleh Sekdaprov Sumbar Hansastri (kedua kiri) dan Wali Kota Padang Hendri Septa (ketiga kanan) serta Anggota DPD RI Emma Yohana (kedua kanan) dalam peresmian Kampung Elo Pukek di Pantai Purus Padang, Sumatra Barat, Minggu (21/8/2022). - Bisnis/Noli Hendra
Bagikan

Bisnis.com, PADANG - Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono meresmikan Kampung Elo Pukek yang ada di kawasan Pantai Purus Padang, Sumatra Barat, Minggu (21/8/2022).

"Kampung Elo Pukek ini kita resmikan sebagai bentuk dukungan KKP terhadap kearifan lokal nelayan di Minangkabau. Karena menangkap ikan dengan sistem pukek (pukat) ini sudah menjadi kearifan lokal masyarakat," katanya di Padang.

Trenggono menyebutkan sudah seharusnya pemerintah mendukung nelayan pukat yang di Padang maupun Sumbar, karena yang nama nya kearifan lokal itu, pasti mengedepankan keseimbangan alam.

Artinya nelayan pukat turut menjaga dan melindungi laut. Hal ini sejalan dengan Gerakan Bulan Cinta Laut yang tengah digalakkan oleh KKP.

"Gerakan Bulan Cinta Laut ini, bagaimana nelayan turut terlibat untuk membersihkan laut dari sampah dan menjaga laut dari pencemaran," sebutnya.

Untuk itu, dengan telah diresmikannya Kampung Elo Pukek di Padang itu, nelayan pukat bisa turut membersihkan sampah-sampah yang telah mencemari laut, serta turut menjaga pesisir pantai dari sampah, sehingga pantai terlihat bersih dan indah.

"Saya telah meminta kepada Dirjen Tangkap KKP agar mendukungan kearifan lokal dari nelayan di Sumbar ini. Dengan demikian, bisa merangkul nelayan turut menjaga laut," ujar Trenggono. (k56).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian kelautan dan perikanan menteri kelautan dan perikanan
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top