Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Generasi Muda Riau Dorong Perkembangan Ekosistem Perfilman dengan Cara Ini

Yayasan Arung Lintang Riau atau Al Foundation secara resmi meluncurkan program G-Movement di Taman Budaya Provinsi Riau.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 31 Juli 2022  |  19:31 WIB
Generasi Muda Riau Dorong Perkembangan Ekosistem Perfilman dengan Cara Ini
Yayasan Arung Lintang Riau gelar beragam kegiatan guna mendukung pengembangan ekosistem perfileman setempat. - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Yayasan Arung Lintang Riau atau Al Foundation secara resmi meluncurkan program G-Movement di Taman Budaya Provinsi Riau.

Adrian, pendiri Al Foundation sekaligus inisiator program mengatakan peluncuran program yang mengusung nama kegiatan 1st G-LAYAR FILM EXHIBITION - Bersebati dan Berpadu Dalam Penguatan Ekosistem Film Riau ini berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Riau dalam rangka penguatan ekosistem film di Riau. 

"Sebagai langkah awal, G-Movement melibatkan sebelas komunitas dalam beberapa rangkaian kegiatan. Bersebati dalam bentuk karya instalasi, pameran foto behind the scene, diskusi sinema dan ditutup pemutaran film komunitas film lokal," ujarnya Minggu (31/7/2022).

Menurutnya G-Movement merupakan rumah pengembangan dan wadah ekspresi bagi komunitas film. Pandemi Covid-19 membuat segala aktivitas film lokal yang sebelumnya produktif berkarya mengalami hiatus.

Sehingga pihaknya melalui G-Move ingin mengambil peran sebagai katalis untuk menyalakan kembali semangat berkesenian sineas lokal baik dalam bidang pengembangan dan pembinaan dalam balutan semangat kolektifitas hingga ke pelosok Riau.

Dia mengatakan G-Movement terbentuk dalam tiga pilar kerja yaitu edukasi dalam G-Edukasi, panggung apresiasi melalui G-Layar, serta diskusi dan seminar melalui G-Wicara. 

"Tiga pilar yang dirasa mampu mengkampanyekan film sebagai media dalam penguatan nilai inti budaya Melayu Riau."

Dia mengakui Al Foundation adalah sebuah badan yang coba berkomitmen untuk bergerak di bidang penelitian, pengembangan dan perawatan seni dan tradisi. Fokus Al Foundation adalah ke budaya nilai-nilai Melayu Riau.

"Untuk kegiatan yang berjalan saat ini kami masih menggunakan kegiatan dari program G-Movement ini. Sebuah program kolaborasi antara komunitas, kita melakukan mobil bioskop keliling, makanya kita hadirkan hari ini. Selain program ini kita juga punya program lain seperti Al-Infigurated yang bergerak di bidang penelitian ilmiah."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top