Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Minat Konsumen Terus Meningkat, Mitra10 Batam Diperluas

Mitra10 Batam sebelumnya menempati lahan seluas 8.990m2, kini setelah remodelling menempati lahan seluas 16.717m2. Penambahan lahan hampir dua kali lipat tersebut membuat selling area (area penjualan) tumbuh dari 2.192m2 menjadi 3.801m2.
Bobi Bani
Bobi Bani - Bisnis.com 08 Juli 2022  |  22:51 WIB
Minat Konsumen Terus Meningkat, Mitra10 Batam Diperluas
Direktur Utama Mitra10 Andy Totong (kanan) saat meninjau Mitra10 Batam yang sudah menjalani proses Remodeling. - Bisnis/Bobi Bani
Bagikan

Bisnis.com, BATAM - Guna melayani pelanggan lebih baik dan nyaman termasuk penambahan item barang dan menyediakan lahan berbelanja dan parkir yang lebih luas, Mitra10 Batam resmi dibuka setelah menjalani remodeling.

Menempati lahan lebih luas, sehingga pelanggan bisa berbelanja dengan nyaman dan aman di tempat destinasi belanja bahan bangunan terlengkap dan terbesar di Kota Batam.

Mitra10 Batam sebelumnya menempati lahan seluas 8.990m2, kini setelah remodeling menempati lahan seluas 16.717m2. Penambahan lahan hampir dua kali lipat tersebut membuat selling area (area penjualan) tumbuh dari 2.192m2 menjadi 3.801m2.

Luas bangunan kini menjadi 8.434m2 dengan area Gudang seluas 3.347m2. Sebelumnya Mitra10 Batam memiliki luas bangunan sebesar 2.160m2 dengan area Gudang seluas 72m2.

Jejaring ritel modern bahan bangunan dan home improvement terbesar di Indonesia tersebut menawarkan 25.000 item barang (Stock Keeping Unit/ SKU) yang terbagi dalam 13 kategori. Kategori tersebut terdiri dari Cat dan variannya, procelein/ keramik untuk lantai, dinding, kamar mandi dan dapur, pintu dan jendela, pipa/plumbing, material bangunan, listrik, perkakas rumah (hardware), tools, hobi, perabot rumah tangga (houseware) hingga perlengkapan rumah tangga (home appliances).

SKU tersebut dipasok oleh +600 produsen yang >80% diantaranya merupakan produsen barang lokal/dalam negeri. Sehingga keberadaan Mitra10 berdampak positif pada pertumbuhan pebisnis lokal tanah air untuk tumbuh berkelanjutan.

Direktur Utama Mitra10, Andy Totong, mengatakan sejak pendirian supermarket bahan bangunan dan home improvement Mitra10 di Kota Batam pada tahun 2005, animo pengunjung dan angka penjualan terus meningkat tiap tahunnya. Hadirnya pengembang besar nasional di Kota Batam semakin memperkuat permintaan konsumen atas ragam pilihan bahan bangunan dan home improvement yang berkualitas.

Mitra10 yang dimiliki oleh PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (BEI: “CSAP”) tersebut kini telah memiliki 44 toko di 25 kota di Indonesia.

"Perseroan telah menetapkan milestone pertama yakni memiliki 50 superstore bahan bangunan Mitra10 di penghujung 2023 dan menuju milestone kedua yakni 100 superstore Mitra10 di tahun 2030," kata Andy.

GM Marketing Communications Mitra10, Erick Koswara, mengatakan remodeling Mitra10 Batam merupakan komitmen berkelanjutan PT Catur Mitra Sejati Sentosa selaku entitas anak CSAP dan pengelola Mitra10. Meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dan menjadi mitra masyarakat dalam merenovasi atau membangun rumah.

Promo Menarik

Promotion & Advertising Manager Mitra10, Medya Ika Ayu, mengatakan para pelanggan juga bisa menikmati berbagai promo menarik saat grand opening. Seperti promo tebus murah, promo registrasi keanggotaan Mitra10, diskon khusus kartu kredit bank tertentu hingga Crazy Price yang merupakan promo diskon produk khusus Grand Opening dan juga hadiah menarik tas belanja ramah lingkungan hingga logam mulia.

Para pelanggan Mitra10 pun dapat menikmati layanan terbaru, yakni jasa pemasangan/ instalasi pompa air, water heater, cat, wastafel, shower, shower column hingga shower screen.

"Untuk pembelian item dengan nilai tertentu bisa menikmati jasa instalasi gratis," kata Medya.

Inovasi belanja kebutuhan sehari-hari dan jasa instalasi merupakan bentuk kepedulian Mitra10 kepada para pelanggan untuk memudahkan dalam memenuhi kebutuhan produk berkualitas dengan mudah.

Produk Mitra10 saat ini juga dapat diperoleh secara online melalui www.mitra10.com dan platform Digiretail dengan Whatsapp Business di nomor +62 87800021010. Hal tersebut dimungkinkan karena layanan digital Mitra10 berkonsep Omnichannel atau terdiri dari beberapa platform yang saling terintegrasi.

Kontribusi Kinerja Segmen Ritel

PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (BEI: “CSAP”) merupakan pemilik jaringan distribusi bahan bangunan, kimia dan FMCG serta Ritel Modern Bahan Bangunan & home improvement Mitra10 serta home furnishing Atria. Tahun ini Perseroan telah mengalokasikan 80% dari total belanja modal (capex) Rp600 miliar untuk pengembangan sektor ritel modern (Mitra10 & Atria) dan 20% lainnya untuk segmen distribusi.

CSAP meyakini bahwa dengan menerapkan strategi ekspansi agresif di segmen ritel akan berdampak positif pada kinerja secara konsolidasi, terutama perbaikan di sektor margin dan prosentase pertumbuhan.

Pada 1Q2022, Pendapatan secara konsolidasi CSAP tumbuh 12% dari Rp3,51 triliun pada 1Q2021 menjadi Rp3,93 triliun di tiga bulan pertama 2022. Segmen ritel tumbuh sebesar 16%. Segmen ini merupakan motor pertumbuhan bagi Perseroan karena mampu tumbuh konsisten dua digit dan memiliki margin yang lebih besar ketimbang segmen distribusi.

Sekretaris Perusahaan CSAP, Idrus H. Widjajakusuma, mengatakan kontribusi segmen ritel terus meningkat, bahkan pada tiga tiga bulan pertama 2022 tercatat 37% dari pendapatan konsolidasi, adapun segmen distribusi berkontribusi 63%. Kontribusi segmen ritel modern secara bertahap terus meningkat dari kisaran 20% pada tahun 2009 hingga kini 2022 mencapai 37%.

Ditambahkan, meningkatnya kontribusi sektor ritel atas sektor distribusi akan memberikan perbaikan margin laba bersih secara konsolidasi dan tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi. Hal tersebut mengingat besarnya potensi ritel modern bahan bangunan dan home improvement di Indonesia.

Solidnya kinerja pendapatan membuat bottom line Perseroan turut membukukan pencapaian positif. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham pengendali tumbuh 25% menjadi Rp79 miliar dibandingkan posisi yang sama tahun 2021 yakni Rp63 miliar. Peningkatan tersebut setara pertumbuhan net margin dari 1,81% menjadi 2,02% pada tahun 2022.

Perjalanan panjang Mitra10 yang dimulai dari toko pertama di Kalimalang pada tahun 1997, kini telah memiliki 44 toko yang tersebar di 25 kota di Indonesia. Dengan target 100 Mitra10 di tahun 2030 akan semakin mengokohkan posisi Mitra10 sebagai jejaring ritel modern bahan bangunan dan home improvement terbesar di Indonesia. (K41)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batam
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top