Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cerita Polisi di Perairan OKI, Layani Kesehatan Warga Pakai Ambulans Terapung

HUT ke-76 Bhayangkara menyisakan kesan tersendiri bagi Ipda Rio Trisno dan Aipda M. Husni Thamrin,  dua polisi yang bertugas di Polsek Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 05 Juli 2022  |  21:35 WIB
Cerita Polisi di Perairan OKI, Layani Kesehatan Warga Pakai Ambulans Terapung
Bupati Kabupaten OKI Iskandar menyerahkan penghargaan kepada kedua polisi yang bertugas di Polsek Air Sugihan. - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG -- HUT ke-76 Bhayangkara menyisakan kesan tersendiri bagi Ipda Rio Trisno dan Aipda M. Husni Thamrin, dua polisi yang bertugas di Polsek Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan.

Pasalnya, Kapolsek dan Kepala Unit Reskrim Polsek Air Sugihan itu menerima penghargaan dari Bupati dan Kapolres Ogan Komering Ilir (OKI), berkat inovasi mereka dalam melayani masyarakat di pesisir timur Sumatera Selatan tersebut.

Rio mengatakan dirinya mengaku tak pernah berniat untuk mendapat penghargaan, lantaran masih banyak polisi yang lebih senior dan memiliki pengalaman dibandingkan mereka.

"Salah satu tugas yang melebihi tugas pokok kami menyangkut kepedulian kepada masyarakat perairan yang kesulitan mendapat layanan kesehatan terutama bagi mereka dalam keadaan darurat kesehatan untuk dibawa berobat ke rumah sakit," ujarnya usai Peringatan HUT ke-76 Bhayangkara yang dilaksanakan pada Selasa (5/7) secara virtual di Halaman Kantor Bupati OKI.

Dia mengatakan, suatu waktu dirinya pernah mendapati salah seorang warga yang menderita sakit kesulitan dibawa ke rumah sakit di Palembang untuk mendapat perawatan rujukan di rumah sakit karena terkendala kendaraan. Sementara saat itu mesin speedboat milik puskesmas Air Sugihan di gondol maling.

"Permasalahan masyarakat yang hidup di perairan salah satunya soal transportasi karena belum memiliki jalan darat yang memadai, belum lagi ongkos angkutan sungai (speedboat) yang mahal sehingga menyulitkan warga jika akan dirujuk ke rumah sakit di Palembang,” terang dia.

Atas kejadian itu, ceritanya jajaran polsek Air Sugihan di dukung pihak kecamatan, puskesmas, kepala desa, tokoh masyarakat dan perusahaan sekitar bermufakat mencari jalan keluar mengurangi kesulitan warga.

“Kami terpikir bagaimana membantu masyarakat sekitar dengan transportasi air semacam ambulans terapung. Jadi jika ada keadaan darurat bisa membantu masyakat berobat ke rumah sakit.

Berbekal uang urunan dari anggota Polsek yang menyisihkan gaji serta bantuan dari beberapa pihak. 

Kapolsek bersama Kanit Reskrim Air Sugihan itu berinisiatif memodifikasi speed boat milik polsek yang biasanya digunakan untuk patroli keamanan, dimodifikasi agar bisa membantu layanan kesehatan layaknya ambulan terapung.

“Memang tidak sedikit biayanya tapi berkat keikhlasan para anggota yang bersedia sisihkan gaji mereka juga dukungan pihak yang peduli, kita modifikasi speed boat nya bukan hanya untuk patroli keamanan juga disediakan tempat tidur serta sarana medis standar sehingga bisa digunakan sebagai ambulans terapung,” terang Rio.

Sebagai seorang Bhayangkara, Rio mengaku dirinya bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat, bahkan menjadi garda terdepan dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. 

“Saya teringat pesan orang tua, apa pun profesi bagaimana kita bisa membantu orang lain setidaknya meringankan beban mereka,” terang rio.

Sementara itu Kanit Reskrim Polsek Air Sugihan, Aipda M. Husni Thamrin, Amd mengatakan penghargaan yang diberikan kepada mereka atas inovasi layanan masyarakat ini menjadi motivasi untuk meningkatkan pengabdian.

“Tentu layanan ini hadir berkat tangan-tangan baik yang membantu kami. Akan menjadi penyemangat kami untuk memberi layanan kepada masyarakat,” katanya.

Inovasi jajaran polsek Air Sugihan ini mendapat apresiasi Bupati dan Kapolres OKI.

“Sebuah pengabdian dari seorang Bhayangkara Negara yang melibihi tupoksinya. Atas nama pemerintah dan masyarakat kami berterimakasih,” kata Bupati OKI Iskandar.

Sementara itu Kapolres OKI, AKBP Diliyanto mengaku bangga dengan pengabdian anak buahnya ini.

“Polisi hadir memberi solusi, melayani masyarakat, Jajaran Polres OKI merasa bangga agar dapat ditiru oleh anggota lain dan ditingkatkan pelayanannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ogan komering ilir sumsel
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top