Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Tim KKN PPM-UGM Jalankan Program di Pulau Terluar Indonesia di Kepri

Tiga tim Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) berkegiatan di tiga kabupaten kota di Kepulauan Riau (Kepri).
Ketua Kagama Batam, Sugeng Riyadi saat menyambut kedatangan tim KKN-PPM UGM di Bandara Internasional Hang Nadim Batam./Bisnis-Bobi Bani
Ketua Kagama Batam, Sugeng Riyadi saat menyambut kedatangan tim KKN-PPM UGM di Bandara Internasional Hang Nadim Batam./Bisnis-Bobi Bani

Bisnis.com, BATAM - Tiga tim Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) berkegiatan di tiga kabupaten kota di Kepulauan Riau (Kepri).

76 mahasiswa di tiga tim tersebut akan berkegiatan di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kabupaten Natuna dan di pesisir Kota Batam.

Mereka menjadi bagian dari 6.247 mahasiswa KKN-PPM UGM yang mengabdi di 28 provinsi, 85 kabupaten/kota, 197 kecamatan dan 441 desa di seluruh pelosok Indonesia. Mereka dilepas langsung oleh Rektor Universitas Gadjah Mada, Ova Emilia pada Jumat (24/6/2022).

Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Kota Batam Sugeng Riyadi mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Pengurus Daerah (Pengda) Kagama Kepulauan Riau (Kepri) perihal dukungan Kagama untuk adik-adik di Kepri.

Pengcab Kagama Batam dan Pengda Kagama Kepri, berkomitmen menjadi bagian dari kelancaran kegiatan atau program UGM di Kepri.

Pada prosesnya Kagama di Kepri memfasilitasi penyambutan tim KKN-PPM UGM di Batam, sebelum mereka melanjutkan perjalanan ke Anambas, Natuna dan pesisir Batam.

"Kami berharap adik-adik mahasiswa bisa menjalankan tiap program dengan lancar. Semoga Apa yang mereka lakukan akan memberi manfaat bagi masyarakat di sana. Kami juga ingatkan untuk belajar dari masyarakat sana dan menjaga nama baik UGM sebagai naungan," kata Sugeng, Senin (27/6/2022).

Sugeng melanjutkan, Kagama Batam sempat menjemput langsung satu rombongan KKN-PPM UGM 2022 di Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada Minggu (26/6/2022).

Sebanyak 28 mahasiswa dengan rincian 15 putri dan 13 putra, akan menginap sehari di Batam untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau, lokasi mereka akan berkegiatan.

Alumni Kedokteran Hewan angkatan 1984 ini mengingatkan para mahasiswa untuk menjalankan program dengan sebaik-baiknya; menjaga nama baik UGM dan belajar sebanyak-banyaknya dari masyarakat Anambas.

Program KKN-PPM UGM "Anambas Project" ini mengangkat tema "Pengembangan SDA dan SDM dalam Peningkatan Pariwisata dan Perikanan Berbasis Teknologi Informasi" akan dilaksanakan di Desa Landak dan Desa Batu Berapit di Pulau Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepri.

Di hari yang sama, lanjut Sugeng, ada juga tim KKN-PPM UGM yang tiba di Batam. Mereka juga akan beristirahat sehari di Batam, lalu melanjutkan perjalanan di lokasi program di Pulau Karas dan Pulau Abang di Kecamatan Galang, Batam.

Sebelumnya, satu Tim KKN-PPM UGM sudah lebih dulu berangkat ke Kabupaten Natuna. Mereka diterima langsung oleh Bupati Kabupaten Natuna, Wan Siswandi dan perangkat daerah di sana.

"Kami senang karena adik-adik tiba di lokasi dengan tanpa kendala, dan di Natuna 28 mahasiswa dan mahasiswi diterima langsung oleh bupati Natuna. Kami harapkan program yang mereka jalankan bisa memberi pengaruh pada tempat mereka mengabdi," kata Sugeng lagi.(K41)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bobi Bani
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper