Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bosan dengan Pempek? Model Bisa Menjadi Makanan Alternatif yang Harus Kamu Coba!

Model memang tidak seberuntung pempek dan tekwan yang dikenal oleh masyarakat luar pulau Sumatra Selatan. 
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 17 Juni 2022  |  17:15 WIB
Model adalah kuliner berbahan baku ikan khas Palembang.  - Bisnis/Khusnul Khotimah
Model adalah kuliner berbahan baku ikan khas Palembang. - Bisnis/Khusnul Khotimah

Bisnis.com, PALEMBANG – Berbicara tentang kuliner khas daerah memang tidak akan ada habisnya, apalagi membahas tentang makanan khas dari Sumatra Selatan yang identik dengan olahan ikannya. 

Saat mendengar kata Palembang, pastinya akan ingat dengan makanan khasnya yaitu pempek, yang memiliki cita rasa yang nikmat, tidak lupa dengan kuah cukonya yang kaya rasa pedas, asam, manis dilidah saat dihirup.

Tapi, tahukah Anda bahwa selain pempek, Sumatra Selatan (Sumsel) juga memiliki beragam jenis makanan khas lainnya, yaitu salah satunya model. 

Model memang tidak seberuntung pempek dan tekwan yang dikenal oleh masyarakat luar pulau Sumatra Selatan. 

Model sekilas memiliki kemiripan dengan pempek dan tekwan, karena bahan pembuatan yang sama, yaitu terbuat dari ikan tenggiri, tepung sagu, dan juga telur. 

Bedanya, model diberi isian tahu dan disajikan dengan kuah kaldu udang dengan di dampingi bihun, timun dan juga ebi.

Di Palembang, kalian bisa dengan mudah menemukan makanan ini baik di kaki lima maupun restoran. Para penjual model biasanya juga menjual tekwan, hal ini dikarenakan bahan utama dalam membuat keduanya sama, tapi berbeda cara pengolahannya.

Pasar merupakan tempat yang paling mudah untuk kalian berburu kuliner makanan khas daerah , salah satunya yaitu, Pasar 10 Ulu. 

Ririn salah satu penjual model dan tekwan yang telah berjualan sejak 2016 di Pasar 10 Ulu, mengatakan bahwa per harinya bisa menghabiskan sebanyak 100 butir model atau setara dengan 2 kg ikan dan untuk tekwan bisa menghabiskan sebanyak 1,5 kg ikan untuk bahan pembuatannya. 

 “untuk adonanya kami menggunakan ikan, sagu, bawang putih, sasa kayak gitu kan. Kalau untuk kuahnya masako, lada, jamur, pakai udang juga dan tetelan untuk menyedapkan rasa.” ujar Ririn, kepada Bisnis.com.

Untuk harga Model dan tekwan yang ditawarkan cukup terjangkau, kalian hanya perlu merogoh kocek Rp5.000 untuk dapat menikmati model. 

Model mungkin tidak terkenal di luar pulau Sumatra seperti pempek, namun di tempat daerah asalnya, Makanan kuah satu ini masih banyak yang minat dan juga menjadi kegemaran masyarakat sekitar. (m08)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner sumsel
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top