Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Proyek Tol Dumai-Rantau Prapat Diusulkan dibangun 2023

Pembangunan jalan tol Dumai-Rantau Prapat diharapkan dapat masuk di tahap dua atau mulai 2023 mendatang.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 05 Juni 2022  |  21:17 WIB
Proyek Tol Dumai-Rantau Prapat Diusulkan dibangun 2023
Foto udara Tol Pekanbaru-Dumai di Riau, Sabtu (26/9/2020). Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 Kilometer ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 26 September kemarin dan merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer. ANTARA FOTO - FB Anggoro

Bisnis.com, PEKANBARU-- Pemerintah Provinsi Riau usuk ke pemerintah pusat suspaya pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Dumai-Baganbatu-Sigambal (Sumatra Utara) atau Dumai -Rantau Prapat bisa berjalan tahun depan.

Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan mengatakan saat ini rencana proyek tol Dumai-Rantau Prapat masuk tahapan ketiga penyelesaian JTTS oleh pemerintah pusat.

"Dari perubahan Perpres terkait JTTS, proyek jalan tol Pekanbaru-Pangkalan Sumbar masuk tahap satu, sama dengan Pekanbaru-Dumai. Sedangkan jalan tol Pekanbaru-Rengat dan Rengat dan Rengat-Jambi masuk tahap dua. Sedangkan untuk jalan tol Dumai-Baganbatu-Sigambal Sumut atau Dumai-Rantau Prapat masuk tahap tiga atau pada 2024 mendatang," ujarnya Minggu (5/6/2022).

Dari rencana itu, pihaknya menyarankan agar pembangunan jalan tol Dumai-Rantau Prapat dapat masuk di tahap dua atau mulai 2023 mendatang.

Dia mengakui Pemprov Riau sudah berbincang dengan Pemprov Sumatra Utara, dan pihaknya sepakat mendorong agar pembangunan jalan Dumai-Rantau Prapat bisa masuk tahap kedua.

Dengan masuk pembangunan JTTS tahap dua, diharapkan pada 2023 sudah bisa dilaksanakan penetapan lokasi (penlok) ruas tol tersebut, termasuk pelepasan lahan yang masuk kawasan hutan.

"Kalau bisa masuk tahap dua, proyek jalan tol Dumai-Rantau Prapat ini sudah bisa dikerjakan 2023 mendatang, baik itu penlok, proses ganti rugi lahan, sehingga pekerjaan kontruksinya bisa dipercepat."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau tol trans sumatra
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top