Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atasi Keluhan Pelanggan, PDAM Tirta Siak Pekanbaru Gunakan Aplikasi Digital

Direktur Utama Perumdam Tirta Siak Agung Anugrah mengatakan, aplikasi APPA tersebut diciptakan sebagai salah satu bentuk sistem terintegrasi untuk memudahkan pekerja dalam menyelesaikan tugas-tugas penting di lapangan yang menjadi keluhan pelanggan.
Dirut Perumdam Tirta Siak Agung Anugrah (tengah) bersama jajaran meluncurkan aplikasi APPA untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan secara digital./Istimewa
Dirut Perumdam Tirta Siak Agung Anugrah (tengah) bersama jajaran meluncurkan aplikasi APPA untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan secara digital./Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) atau PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru meluncurkan aplikasi digital yang disebut Aplikasi Perusahaan Pengelolaan Air Bersih (APPA).

Dengan diluncurkannya aplikasi ini, diyakini akan menunjang pelayanan serta pekerjaan perseroan dalam mengatasi berbagai keluhan pelanggan, sehingga berdampak terhadap peningkatan bisnis ke depannya.

Direktur Utama Perumdam Tirta Siak Agung Anugrah mengatakan aplikasi APPA tersebut diciptakan sebagai salah satu bentuk sistem terintegrasi untuk memudahkan pekerja dalam menyelesaikan tugas-tugas penting di lapangan yang menjadi keluhan pelanggan.

“Dengan demikian, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan lebih baik. Diharapkan nantinya digitalisasi pelayanan ini akan sejalan dengan meningkatnya jumlah pelanggan kami kedepannya,” ujarnya Jumat (3/6/2022).

Menurut data perseroan, saat ini ada sekitar 13.000 pelanggan PDAM yang jumlahnya bakal terus bertambah seiring dengan peningkatan pelayanan kepada para pelanggannya.

Agung mengatakan dengan hadirnya sistem berbasis IT, perseroan akan lebih mudah melakukan pengembangan bisnis. Sistem berbasis IT ini diakui sudah diberlakukan di internal perusahaan sejak 11 Mei 2022. 

Dia memaparkan APPA menunjang petugas dalam menyelesaikan keluhan pelanggan di masing-masing sambungan rumah. Dengan demikian, seluruh interaksi dan transaksi yang akan dilakukan pelanggan dengan PDAM kini sudah berbasis IT. Meski demikian, pihaknya menyadari masih banyak kekurangan yang akan diperbaiki secara bertahap. 

Secara umum, sistem kerja APPA akan merekam semua aktivitas dan pelayanan dalam suatu sistem IT, sehingga lebih mudah dikontrol dan dievaluasi.

“Termasuk dalam hal pelaporan keluhan yang disampaikan masyarakat soal kendala ketersediaan air bersih di rumah mereka, akan termonitor secara langsung. Kemudian hasil kerja petugas di lapangan juga wajib dilaporkan ke sistem. Dengan demikian pihak manajemen bisa melakukan pemantauan secara langsung,” ujarnya.

Sementara itu Fungsional Perencanaan Madya Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru Triatna mengatakan pihaknya berharap agar seluruh perencanaan yang telah disusun oleh Perumdam Tirta Siak bisa segera terwujud.

“Kami pastinya memberikan apresiasi. Harapan kami semoga upaya yang sudah dilakukan oleh pihak Perumdam Tirta Siak akan berdampak positif pada masyarakat dan pengembangan bisnis perusahaan. Kami juga berharap jangkauan pelayanan PDAM Pekanbaru dapat semakin luas kedepannya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper