Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov Sumsel Keukeuh Groundbreaking Pelabuhan Tanjung Carat Terlaksana Juni 2022

Pemprov Sumsel mendapat dukungan dari Kementerian Perhubungan untuk percepatan pembangunan pelabuhan laut dalam itu. 
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 27 Mei 2022  |  23:22 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru menyimak arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat di Kabupaten Banyuasin.  - Istimewa
Gubernur Sumsel Herman Deru menyimak arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat di Kabupaten Banyuasin. - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan keukeuh bahwa groundbreaking pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat, Kabupaten Banyuasin, dapat terlaksana pada Juni 2022.

Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru mengatakan pihaknya mendapat dukungan dari Kementerian Perhubungan untuk percepatan pembangunan pelabuhan laut dalam itu. 

“Bahkan kami sudah membentuk satuan tugas (satgas) dengan harapan proses pembangunan dapat dikejar sesuai schedule pada bulan Juni dilakukan peletakan batu pertama,” katanya, baru-baru ini.

Deru mengatakan kondisi lokasi pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat, seperti lahan, pembangunan jalan dan kerjasama dengan mitra terkait sudah sesuai tahapan. 

"Proses pensertifikatan lahan milik Pemprov Sumsel sudah dalam proses. Mudah-mudahan pada bulan juni juga selesai,” katanya.

Termasuk pula, dia menambahkan, kesiapan BUMD yang sudah mendapat izin dari Kemenhub akan terus bekerja sama dengan calon mitranya.

Deru melanjutkan untuk pembangunan jalan detail engineering design (DED) sudah selesai. Bahkan sudah dilakukan koordinasi dengan Menteri PUPR RI untuk pekerjaan fisik pembangunan. 

"Kami bersurat sudah tiga kali kepada Menteri PUPR dan secara jelas Menteri PUPR akan menindaklanjuti, namun ada permohonannya agar segera dilakukan penetapan lokasi," ujarnya. 

Sementara itu, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meminta dalam proses pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat, ada ketepatan karena itu penting sebab bulan depan harus groundbreaking. 

"Ketepatan waktu ini penting dalam pembangunan ini. Saya minta pak gubernur ada percepatan yang dilakukan disana," katanya. 

Oleh karena itu Menhub mengingatkan kepada semua pihak terkait untuk bersemangat dan detail dalam pembangunan ini sebab yang dikerjakan ini harus target.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan sumsel
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top