Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penyeberangan Dumai-Melaka Kembali Dibuka, 130 Pelancong Malaysia Tiba di Riau

Sejak Pelabuhan Internasional Dumai dibuka kembali untuk rute Dumai-Melaka, sebanyak 130 turis dari Melaka, Malaysia tiba di Riau
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 07 Mei 2022  |  00:28 WIB
Penyeberangan Dumai-Melaka Kembali Dibuka, 130 Pelancong Malaysia Tiba di Riau
Kapal ferry Indomal yang melayani rute penyeberangan internasional Dumai-Melaka, Jumat (6/5/2022) - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - Dinas Pariwisata Provinsi Riau menyatakan sejak Pelabuhan Internasional Dumai dibuka kembali untuk melayani rute Dumai-Melaka pada Kamis (5/5/2022), sebanyak 130 turis dari Melaka, Malaysia tiba di Riau. 

Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat mengatakan, rombongan pelancong dari Pelabuhan Antarbangsa Negeri Melaka sebanyak 130 orang itu datang menumpang kapal penumpang Fast Ferry atau kapal ferri cepat Indomal. 

"Alhamdulillah 130 wisatawan mancanegara dari Melaka telah tiba di Dumai, Riau. Ini merupakan kabar baik untuk pertumbuhan sektor pariwisata di Riau. Kami optimistis jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Riau bisa kembali meningkat," ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (6/5/2022).

Dia menjelaskan kedatangan kapal ferri cepat itu merupakan pelayaran perdana rute Melaka-Dumai, setelah dua tahun tidak beroperasi akibat Pelabuhan Internasional Dumai ditutup saat pandemi Covid-19 merebak.

Adapun, atas kedatangan turis Malaysia tersebut, Roni Rakhmat mengaku bersyukur karena artinya perekonomian di Riau akan berputar semakin cepat, khususnya di sektor pariwisata.

Untuk itu, Roni bersama jajaran TNI, Polri, Imigrasi, dan Pemkot Dumai menyambut kedatangan wisman dari negeri jiran dengan pengalungan bunga hias. 

Acara penyambutan diiringi tabuh-tabuhan alat musik kompang hingga penaburan beras kunyit dilakukan sebagai bentuk rasa syukur. 

Lebih lanjut, Roni berharap, Pemerintah Pusat juga mempertimbangkan pembukaan kedatangan internasional di beberapa pintu masuk. 

"Kepada pemerintah pusat, kami berharap agar pintu Internasional di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dan Pelabuhan Internasional Selat Baru di Bengkalis juga bisa segera dibuka," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pariwisata riau wisatawan malaysia wisatawan manca negara
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top