Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OKI Susun Rencana Induk Kota Cerdas

Diketahui, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terpilih menjadi satu dari 50 daerah di Tanah Air untuk mengikuti pengembangan kota cerdas pada tahun 2022.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 16 Februari 2022  |  18:32 WIB
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKI menggelar rapat terkait pengembangan Smart City di kabupaten itu.  - Istimewa
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKI menggelar rapat terkait pengembangan Smart City di kabupaten itu. - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, menyusun rencana induk untuk penerapan kota cerdas di daerah tersebut.

Diketahui, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terpilih menjadi satu dari 50 daerah di Tanah Air untuk mengikuti pengembangan kota cerdas pada tahun 2022.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKI, Alexsander Bastomi, mengatakan masterplan tersebut diperlukan agar penerapan smart city lebih terukur.

“Dengan masterplan, maka kinerja dapat diukur secara komprehensif dan bisa menghasilkan smart city yang bermanfaat untuk masyarakat dan birokrasi pemerintahan di masing-masing wilayah,” katanya, Rabu (16/2/2022).

Alexsander menilai dengan terpilihnya OKI sebagai Kota Cerdas akan mendorong kemudahan penyelenggaraan layanan publik, serta meningkatkan inovasi dalam berbagai program pemerintah daerah

Dia memaparkan dalam rencana induk akan memuat beberapa dimensi smart city, antara lain kehidupan cerdas, ekonomi, manusia, pemerintah, mobilitas dan lingkungan.

Menurut diam pengembangan kota cerdas tidak semata-mata terkait belanja teknologi berbiaya besar. 

Hal itu bisa disiasati dengan konsep terbuka dan melibatkan banyak pihak untuk membantu pendanaan dan sumber daya manusia.

“Smart city bukan soal euforia terkait e-govern iment yang mendahulukan belanja teknologi melainkan konsep masterplan yang tepat,” katanya.

Transformasi digital, kata dia, tidak hanya menyasar level individu atau kelompok saja tetapi masyarakat secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel smart city ogan komering ilir
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top